7 Jenis Buah untuk Buka Puasa yang Lebih Segar

Lifestyle
Bagikan
buah segar untuk berbuka

Setelah sebelumnya membahas apa saja Buah yang perlu dihindari Saat Berpuasa, kini saatnya membahas mengenai buah apa saja yang cocok dijadikan sajian berbuka puasa. Kandungan gizi yang baik dan sensasi segar yang dihasilkan membuat para ahli menyarankan konsumsi buah-buahan setelah menahan lapar dan dahaga seharian.

Kandungan gula alami pada buah-buahan akan diolah tubuh menjadi energi yang dapat meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. Supaya kamu tidak salah pilih, berikut adalah daftar buah-buahan yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa bersama keluarga ataupun sendiri. 

1. Kurma

Tak lengkap rasanya jika belum berbuka dengan buah kurma saat puasa Ramadan. Buah yang memiliki serat makanan dan antioksidan ini juga menjadi sumber gula sederhana yang baik untuk tubuh. Selain itu, buah kurma juga mengandung zat besi yang bisa membantu tubuh untuk menjaga kadar hemoglobin setelah seharian menahan lapar dan dahaga. 

2. Apel

Buah apel cocok dikonsumsi saat berbuka puasa karena mengandung tinggi serat untuk menyiapkan sistem pencernaan agar kuat menerima berbagai jenis makanan. Buah ini juga membantu seseorang untuk tidak berlebihan saat berbuka, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko diabetes, dan menjaga kesehatan jantung. Tak heran, buah ini menjadi primadona banyak orang. 

3. Semangka

Saat berbuka puasa, buah dengan kandungan air yang banyak seperti semangka memang sangat menggoda. Selain bisa mencegah terjadinya dehidrasi setelah seharian berpuasa, buah ini juga mudah dicerna dan mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk memenuhi energi dan menjaga kesehatan tubuh. 

4. Anggur

Memiliki rasa manis dan menyegarkan, buah anggur kerap disajikan di atas meja saat momen buka puasa tiba. Buah yang mengandung tinggi serat dan kandungan air ini sangat cocok dikonsumsi karena dapat menghidrasi tubuh dan mencegah terjadinya sembelit.  

5. Blewah

Blewah merupakan jenis buah yang wajib ada selama bulan puasa. Isian es buah ini memiliki rasa yang manis dan mengandung banyak cairan untuk menambah energi dan menghidrasi tubuh. Blewah juga kaya kandungan vitamin A yang baik untuk menetralisir radikal bebas. 

6. Alpukat

Buah alpukat juga cocok disajikan saat buka puasa tiba. Buah berwarna hijau tua ini memiliki rasa nikmat dan segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Alpukat akan memberikan efek kenyang dan mengembalikan energi tubuh yang hilang dengan cepat. Kamu bisa memakannya secara langsung atau mengolahnya menjadi jus yang segar.

7. Pepaya

Buah terakhir yang cocok untuk menu buka puasa adalah pepaya. Buah dengan daging lembut ini dapat membantu membersihkan pencernaan agar lebih lancar sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit. Agar lebih segar, kamu bisa memotong buah ini menjadi ukuran yang lebih kecil dan memasukkannya ke dalam kulkas atau mencampurnya dengan isian es buah lainnya. 

Itulah 7 jenis buah yang cocok dan baik dikonsumsi saat buka puasa tiba. Kandungan nutrisi dari setiap buah-buahan tersebut akan membantu kamu mengembalikan energi yang terkuras seharian dan akan menambah semangat untuk menjalankan ibadah di hari berikutnya. Informasi menarik seputar tips kesehatan lainnya bisa kamu baca di Gokomodo, ya!

Bagikan Artikel ini
Share