Diterbitkan 12 Sep 2023

5 Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit yang Paling Terkenal di Indonesia

News
perusahaan perkebunan kelapa sawit

Kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan produsen kelapa sawit terbesar di dunia. Untuk memenuhi kebutuhan di pasar global, tentu banyak perusahaan perkebunan kelapa sawit yang bekerja keras dibaliknya. Jika kamu ingin tahu apa saja perusahaan perkebunan kelapa sawit yang paling terkenal di Indonesia, simak ulasan berikut ini.

Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit yang Paling Terkenal di Indonesia

Inilah daftar perusahaan perkebunan kelapa sawit yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Sinar Mas Agro Resource and Technology 

Pertama adalah Sinar Mas Agro Resources and Technology atau yang disingkat menjadi SMART. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan kelapa sawit yang paling terkenal dan terbesar di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1962 di bawah naungan Sinar Mas Group milik Eka Tjipta Widjaja.

Melihat data laporan keuangan di akhir September 2021, SMART telah berhasil menghasilkan pendapatan dengan kenaikan mencapai 43,19 persen secara tahunan. Jika dilihat secara jumlah, pendapatan Sinar Mas Agro Resources and Technology telah mencapai Rp40,38 triliun.

Pendapatan tersebut tentunya tidak didapatkan dengan hanya mengandalkan hasil kelapa sawit di dalam negeri saja. Namun, SMART juga berhasil melakukan ekspor ke sejumlah negara, antara lain di Afrika, Timur Tengah, kawasan Eropa Timur, dan Amerika Serikat.

2. Sampoerna Agro

Perusahaan perkebunan kelapa sawit yang paling terkenal berikutnya adalah perusahaan kelapa sawit yang berada di bawah naungan Sampoerna Group. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1993 dengan nama Sampoerna Agro yang berpusat di pulau Kalimantan dengan luas lahan mencapai 84.000 hektar.

Hingga kuartal ketiga tahun 2021, perusahaan Sampoerna Agro telah berhasil meraih pendapatan hingga sebesar Rp3,90 triliun. Pendapatan tersebut mengalami kenaikan sebesar 72,01 persen jika dibandingkan dengan pendapatan kuartal ketiga tahun sebelumnya yang kurang lebih Rp2,25 triliun. Bahkan, laba bersih yang berhasil dicatatkan adalah sebesar Rp40 miliar.

3. Dharma Satya Nusantara 

Dharma Satya Nusantara juga menjadi perusahaan kelapa sawit yang paling terkenal dan terbesar di Indonesia. Perusahaan ini berada di bawah naungan Triputra Group yang merupakan salah satu produsen penting di industri kelapa sawit Indonesia.

Di periode semester pertama tahun 2021, perusahaan Dharma Satya Nusantara telah berhasil memperoleh pendapatan hingga Rp3,3 triliun dimana bidang usaha kelapa sawit menyumbabg sebesar Rp2,7 triliun atau sekitar 82 persen dari total pendapatan. Nilai tersebut mengalami kenaikan sebanyak 5 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

4. Salim Ivomas Pratama 

Perusahaan perkebunan kelapa sawit yang paling terkenal berikutnya adalah Salim Ivomas Pratama. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992 dan kini telah menjadi salah satu pemain penting di industri hulu sampai hilir kelapa sawit Indonesia.

Menariknya, perusahaan ini memiliki kapasitas pengolahan mencapai 6,8 juta ton setiap tahun. Hal ini tentu saja didukung oleh keberadaan sejumlah 26 pabrik pengolah kelapa sawit yang berada di pulau Sumatera dan Kalimantan. 

Di kuartal pertama tahun 2021, Salim Ivomas Pratama berhasil mencatatkan laba sebesar Rp4,69 triliun. Nilai tersebut mengalami kenaikan sebesar 42 persen apabila dibandingkan dengan periode sebelumnya di tahun 2020 yang hanya sebesar Rp3,3 triliun. Tak heran, Salim Ivomas Pratama berhasil menjadi salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia.

5. Sawit Sumbermas Sarana

Perusahaan perkebunan kelapa sawit yang paling terkenal terakhir adalah Sawit Sumbermas Sarana. Perusahaan ini mengelola lahan sawit seluas 93.660 hektar dan plasma seluas 22.862 hektar. Berpusat di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, perusahaan ini telah menghasilkan produk-produk yang banyak diekspor ke sejumlah negara, seperti Cina, Pakistan, India, dan Bangladesh.

Dilihat pada data di periode Juni 2021, Sawit Sumbermas Sarana telah berhasil mencapai total pendapatan sebanyak Rp2,34 triliun. Angka tersebut juga mengalami peningkatan hingga 32,09 persen.
Itu dia 5 perusahaan perkebunan kelapa sawit yang paling terkenal dan terbesar di Indonesia. Baca juga Program Tumpang Sari Untuk Peningkatan Produktivitas Kelapa Sawit di website Gokomodo untuk menambah wawasanmu sekarang juga!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.