Diterbitkan 7 Mar 2023

6 Jenis Tanaman Hias Buah Populer, Tertarik Memilikinya?

Agri Edu
jenis tanaman hias buah

Memiliki rumah yang rindang dengan aneka tanaman memang menyenangkan. Namun, bagaimana bila tanaman tersebut juga menghasilkan buah yang bisa dimakan? Nah, ternyata hal ini bukanlah sebuah impian belaka. Kamu bisa menanam aneka tanaman hias buah dan menikmati hasilnya.

Ada banyak jenis tanaman hias buah yang bisa kamu tanam di halaman rumah ataupun di dalam ruangan. Tanaman-tanaman tersebut memiliki ukuran mini sehingga bisa menjadi hiasan yang menarik. Tak jauh berbeda dengan tanaman aslinya, tanaman hias mini juga akan menghasilkan buah dengan jumlah yang cukup banyak. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias buah yang bisa kamu pertimbangkan.

Jeruk Nagami

Bagi para pecinta tanaman hias buah, nama Jeruk Nagami pastinya sudah tidak asing lagi. Jeruk yang memiliki nama latin Citrus japonica dikenal sebagai kumquat. Jenis ini memiliki pohon yang pendek dengan daun dan buah yang rimbun. Selain rajin berbuah, Jeruk Nagami juga akan membuat suasana rumah lebih nyaman karena warnanya yang enak dipandang dan aroma segar yang dikeluarkan. Selain itu, jeruk ini juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan. 

Buah Zaitun

Berikutnya ada buah zaitun atau Olea europaea. Tanaman hias buah ini cocok dijadikan tabulampot karena pohonnya berukuran kecil. Selain ditanam di luar rumah, pohon zaitun juga cocok dijadikan hiasan dalam ruangan. Setelah berbuah, kamu bisa mengonsumsi buah dari daerah Mediterania ini secara langsung, atau mengolahnya menjadi minyak untuk berbagai kebutuhan.   

Delima Mini

Secara umum, pohon delima atau Punica granatum akan tumbuh hingga ketinggian 5 sampai 8 meter. Namun pada delima mini, tinggi pohon akan lebih pendek sehingga bisa ditanam dalam pot berukuran sedang hingga besar untuk tanaman hiasan rumah. Meskipun berukuran mini, buah delima yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan buah delima pada umumnya. Kamu bahkan sudah bisa melihat bunga tanaman ini sejak usia 4 bulan dan melihat buahnya pada bulan keenam setelah tanam.  

Jambu Mini

Magenta lilly pilly merupakan jenis pohon jambu berukuran mini dan biasanya diolah menjadi salad atau selai. Pohon ini menghasilkan buah berbentuk lonceng dengan warna kemerahan yang bisa langsung dimakan ketika sudah matang. Tanaman yang berasal dari Australia ini juga memiliki ukuran pohon yang kecil sehingga cocok untuk dijadikan tabulampot.

Apel Bonsai

Hampir sama seperti delima, kamu juga bisa menanam apel mini sebagai tanaman hias buah yang menyegarkan mata. Pohon dengan nama latin Malus sylvestris ini bisa tumbuh dengan baik dalam pot dan menghasilkan buah yang rimbun untuk dinikmati pemiliknya. Selain membuat rumah menjadi lebih nyaman, kamu juga bisa merasakan kesegaran buah berwarna kemerahan ini.  

Buah Naga Mini

Jenis tanaman hias buah yang terakhir adalah buah naga mini atau Selenicereus megalanthus. Tanaman ini secara fisik sebenarnya sama saja dengan buah naga biasa, namun dari segi ukuran dan buah yang dihasilkan, tentunya lebih kecil dari biasanya. Bahkan ukuran buahnya hanya sebesar bola pingpong atau kurang dari itu.

Selain menghias rumah dengan tanaman hias buah, kamu juga bisa Hiasi Rumah dengan Tanaman Sukulen Menarik, lho! Tak hanya menyegarkan pandangan mata saja, suasana rumah pastinya juga akan semakin nyaman. Jangan lupa memerhatikan asupan nutrisinya, ya. Kamu bisa membeli pupuk berkualitas di Gokomodo jika ingin hasil yang lebih optimal. Selamat berkebun! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.