Diterbitkan 21 Mar 2023

Ada Lagi! Buah-buahan Langka di Indonesia yang Perlu Diketahui

Agri Edu

Melanjutkan artikel mengenai Keragaman Buah Langka di Indonesia yang Jarang Diketahui Orang, rupanya masih ada beberapa buah lain yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa langsung membelinya untuk mencoba rasa buah ini jika kamu menemukannya. Simak daftar berikut, yuk!

Buah kecapi

Buah kecapi merupakan buah dengan bentuk yang mirip dengan buah manggis namun memiliki warna yang berbeda. Buah ini berbentuk bulat pipih dengan diameter sekitar 5-6 cm dengan bulu halus dan warna kuning keemasan. Buah ini memiliki rasa cukup manis dengan sedikit asam yang biasa dijadikan obat demam, sakit perut, dan kram perut. 

Buah keledang

Buah keledang dikenal juga sebagai buah bangsal. Buah ini termasuk buah langka dari Kalimantan yang pohonnya bisa mencapai tinggi 40 meter. Meskipun sekilas terlihat seperti nangka, namun buah ini memiliki daging buah dengan warna berbeda. Saat mencobanya, kamu akan menemukan rasa manis dengan sensasi kolaborasi rasa nangka dan manggis.

Buah delima

Buah delima memang cukup populer untuk pembuatan produk kecantikan. Namun, buah ini sudah cukup langka ditemukan di pasaran. Meski begitu, beberapa daerah masih memiliki buah dengan mahkota ini. Dengan rasa asamnya, buah delima bisa meningkatkan dan melancarkan sistem pencernaan.

Buah kemunting

Buah dari pohon kemunting ini biasanya didapati tumbuh di atas bukit, terutama di tanah liat dan bercampur pasir. Buah kemunting ini memiliki bentuk lonjong dengan panjang sekitar 1-1,5 cm. Buah ini memiliki warna ungu tua ketika sudah pada usia matang dengan banyak kandungan serat dan rasa yang manis.

Buah kelubi

Buah langka berikutnya adalah buah kelubi yang masih sering dijumpai di pulau Sumatera, tepatnya di provinsi Riau, Jambi, Bangka, dan Lampung. Buah ini memiliki rasa yang cenderung asam, namun tetap penuh kesegaran. Buah ini biasa dicampur dengan sambal terasi dan diolah menjadi manisan. 

Buah matoa

Satu lagi buah langka yang harus kamu coba adalah matoa. Buah asal Papua ini biasanya akan berbuah hanya sekali dalam setahun yakni diantara bulan Juli sampai Oktober. Rasa buah ini seperti perpaduan kelengkeng dan rambutan dan bentuknya lonjong seperti sawo.  

Itulah 12 buah langka khas Indonesia yang harus kamu coba. Selain bentuknya yang unik, rasa dari buah-buahan ini juga sangat menarik. Semoga informasi dari Gokomodo ini dapat membantumu dan selamat mencoba!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.