Diterbitkan 27 Jun 2023

Apakah Pupuk Kandang dan Kotoran Hewan Sama?

Agri Edu
pupuk kandang

Apakah kamu pernah mengira bahwa kotoran hewan merupakan nama lain dari pupuk kandang? Jika iya, saatnya merubah pandangan tersebut sekarang juga. Meskipun keduanya memang mirip, namun pupuk jenis ini dan kotoran hewan jelas memiliki perbedaan.

Memang benar jika pupuk kandang terbuat dari kotoran hewan. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua kotoran hewan sama dengan pupuk jenis ini. Penasaran apa yang membedakan keduanya? Simak informasi di bawah ini, yuk!

Perbedaan Pupuk Kandang dan Kotoran Hewan

1. Kotoran Hewan 

Perbedaan utama dari kotoran hewan dengan pupuk kandang adalah teksturnya. Dilihat dari sisi ini, kotoran hewan memiliki tekstur yang lembek dan masih basah. Oleh karena itu, kotoran hewan tidak bisa langsung digunakan sebagai pupuk tanaman karena memiliki dampak negatif.  

Mengapa demikian? Hal ini karena kotoran hewan yang masih basah belum memiliki nutrisi untuk tanaman, melainkan memiliki gulma yang tinggi. Gulma merupakan bibit yang nantinya tumbuh menjadi tanaman pengganggu pada media tanam.

Selain itu, kotoran hewan yang masih basah juga memiliki kecenderungan untuk menumbuhkan jamur, bakteri, maupun cendawan yang bisa merusak bagian akar tanaman.  

2. Pupuk Kandang 

Sementara itu, pupuk kandang merupakan kotoran hewan yang sudah kering dan mengalami proses pembusukan. Dilihat dari segi teksturnya, pupuk jenis ini memiliki tekstur yang lebih kering dan berbentuk seperti tanah. 

Berbeda dari kotoran hewan, pupuk jenis ini merupakan yang sudah kering dan mengalami proses pembusukan memiliki nutrisi yang baik untuk tanaman dan tentunya mengandung unsur gulma lebih rendah. Sehingga, pupuk yang berasal dari hewan cocok untuk menutrisi tanaman.

Bagaimana? Apakah kamu bisa menemukan perbedaannya? Meskipun hanya memiliki satu perbedaan utama, namun keduanya tetap tidak bisa disamakan, ya. Penggunaan pupuk sangat penting bagi tanaman sehingga kamu harus tahu secara dasar. Dapatkan informasi menarik seputar pertanian lainnya, seperti 4 Rekomendasi Waktu Pemberian Pupuk Tanaman dengan mengunjungi website Gokomodo. Cek sekarang, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.