Diterbitkan 5 Jul 2023

Kenali Hama Tanaman Kakao Sebelum Melakukan Pengendalian Hama

Agri Edu
Mengetahui hama tanaman kakao

Tidak semua tanaman dan kebun akan mengalami proses tanam hingga panen dengan mulus. Pastilah banyak gangguan tanam salah satunya gangguan hama. Terkadang hama yang menginvasi tanaman tidak cukup 1 atau 2, bahkan bisa puluhan jenis. Kali ini, Gokomodo merangkum hama tanaman kakao apa saja yang menyerang pohon kakao.

Hasil kebun kakao di Indonesia sangat melimpah. Namun, dibalik hasilnya yang luar biasa, ternyata banyak sekali jenis hama yang menghantui pertumbuhan dan perkembangan pohon kakao. Secara umum,hama pada pohon kakao menyerang pada daun dan buah. Apa sajakah hamanya?

Hama pada pohon kakao

a. Ulat kilan

Hama ulat kilan termasuk dalam famili Geometridae. Biasanya ulat kilan mulai menginvasi tanaman kakao ketika rentang usianya 2-4 bulan. Ulat kilan gemar memakan daun muda pohon kakao hingga menyisakan tulang daunnya. 

b. Ulat Matahari

Ulat ini memiliki kesamaan dengan ulat kilan yaitu memakan daun muda. Selain itu, ulat matahari juga suka memakan kuncup dan bunga pohon kakao. Ada 2 spesies ulat matahari yaitu Parasa lepida dan Ploneta diducta.

c. Ulat jaran

Dinamakan ulat jaran karena tubuhnya dipenuhi rambut gatal mirip bagian belakang kepala kuda (jaran). Rambutnya terdapat pada marke 4 dan 5 berwarna putih atau hitam, sedangkan tubuhnya berwarna coklat kehitaman. 

d. Kutu putih

Siapa sangka ada kutu yang menginvasi pohon kakao. Kutu putih tidak bekerja sendirian, melainkan bersekutu dengan semut hitam. Kutu putih menyerang bagian buah mulai dari pangkal hingga ujungnya, sehingga buah akan kering dan mempengaruhi hasil panen. 

e. Ngengat buah

Ngengat masih satu spesies dengan kupu-kupu, tetapi ngengat dianggap hama karena menyerang tumbuhan. Pada pohon kakao, ngengat memakan buah yang masih muda hingga menyebabkan kulit buah kuning pucat dan biji buah tidak berkembang. 

f. Penggerek buah kakao

Hama penggerek menyerang buah kakao berukuran 8 cm. Serangannya ditandai dengan buah yang masak lebih awal, berwarna kuning atau hijau, dan ada bekas gesekan larva pada buah. 

g. Kepik 

Kepik buah menyerang ranting dan buah kakao. Hama kepik menyerang buah mengakibatkan buah kering dan mati, sedangkan pada ranting mengakibatkan daun layu dan berguguran. 

Agar tanaman kakao tumbuh subur, Perhatikan 2 Hal Ini agar Buah Kakao Tumbuh Lebat dan lakukan pemberantasan hama di atas. Kamu penggemar cokelat? Baca artikel seputar kebun cokelat dan perkebunan lainnya hanya di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.