Diterbitkan 22 Feb 2023

Mau Jadi Petani Sukses? Awali dengan 3 Hal Ini!

News

Arti kesuksesan bagi setiap orang tentunya berbeda-beda. Bagi petani, hal tersebut juga berlaku karena kesuksesan tidak hanya dilihat dari hasil panen yang melimpah dan keuntungan yang berkali-kali lipat melainkan juga seberapa besar manfaat yang bisa disebarkan kepada lingkungan sekitar. 

Untuk menjadi seorang petani yang sukses, kamu harus memiliki tiga hal; keinginan untuk belajar, terbuka untuk berinovasi, dan aktif bergerak setiap hari. Tidak hanya fokus pada proses budidaya dari pembenihan hingga panen dengan cara tradisional, kamu juga perlu belajar bagaimana cara meningkatkan produktivitas tanaman dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Maka dari itu, kerja keras harus diimbangi dengan kreativitas.

Pertama-tama, tentunya belajar dan mendapatkan ilmu sebanyak mungkin. Di zaman sekarang, informasi dapat didapatkan secara mudah, cepat, dan terjangkau dengan adanya digitalisasi. Kamu bisa memanfaatkan penggunaan internet untuk mendapatkan informasi yang luas. Salah satunya adalah membuka situs atau blog yang menyediakan informasi pertanian seperti situs dari Kementerian Pertanian atau artikel pada blog Gokomodo.

Setelah mendapatkan ilmu, kamu bisa mulai menyusun inovasi untuk usaha pertanianmu. Tentunya dengan syarat kamu sudah paham betul apa yang akan kamu lakukan. Jika kamu telah yakin melakukannya, jangan lupa untuk bergerak merealisasikanya. Bila kamu hanya berinovasi tanpa aksi, tidak akan ada apapun yang terjadi. Maka dari itu, pergerakan kecil yang kamu lakukan akan sangat berarti dalam proses menjadi petani yang sukses. 

Dari hal-hal di atas, kamu bisa mewujudkan cita-cita menjadi petani yang sukses dan bermanfaat, baik dengan hasil perkebunan atau pertanian yang kamu dapatkan maupun dengan pengalaman yang kamu bagikan ke petani lainnya agar semakin berkembang. Cek website Gokomodo untuk artikel lainnya, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.