Diterbitkan 5 Apr 2023

Minyak Sawit Merah: Produk Kelapa Sawit yang Digadang-gadang Manfaatnya

Lifestyle

Minyak kelapa sawit dan hasil turunannya memang sudah menjadi komoditas unggulan dari Indonesia yang banyak di ekspor ke luar negeri. Banyaknya ekspor minyak sawit sebanding dengan kebutuhan pasar. Ditambah dengan meningkatnya jumlah komunitas yang berpedoman green lifestyle yang memengaruhi banyaknya konsumsi minyak sawit. Disamping itu, minyak sawit juga aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Kamu perlu tahu Inilah Alasan Minyak Sawit Baik Dikonsumsi Jangka Panjang.

Saat ini, minyak sawit jauh lebih banyak dikonsumsi daripada jenis minyak nabati lainnya. Tahukah kamu ternyata ada jenis lain minyak kelapa sawit yang jarang diketahui orang? Yup, masih sedikit sekali yang tahu apa itu minyak sawit merah. Minyak sawit merah (Virgin Palm Oil) berasal dari buah kelapa sawit yang berasal dari Afrika Barat (Elaeis guineensis) dan saat ini banyak dijumpai di Indonesia dan Malaysia. Dalam proses pengolahannya, jumlah nutrisi minyak sawit yang hilang hanya sedikit sehingga lebih sehat daripada minyak sawit lainnya. 

Kandungan nutrisi pada minyak sawit merah (setara dengan 14 gram) mengandung 120 kalori, kurang dari 1 gram protein, dan 14 gram lemak. Kandungan lain yang ada dalam minyak sawit merah antara lain 50% asam lemak jenuh, 40% asam lemak tak jenuh, dan 10% asam lemak tak jenuh ganda. Ditambah lagi ada banyak kandungan fitonutrien dalam minyak sawit merah seperti alfa-karoten, beta-karoten (prekursor vitamin A), likopen, tokoferol dan tokotrienol (vitamin E).

Kandungan minyak sawit merah yang kompleks ini tentu memberikan banyak manfaat untuk manusia. Antioksidan dari vitamin E dan karotenoid dalam minyak sawit merah membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mencegah adanya penyempitan pembuluh darah (atesklerosis). Tak hanya itu, vitamin E juga membantu mengurangi demensia dan penyakit Alzheimer sehingga kesehatan otak tetap terjaga. Tidak kalah pentingnya manfaat vitamin E sehingga banyak dijadikan sebagai bahan campuran perawatan kulit. 

Manfaat minyak sawit merah yang sangat banyak lantas mendorong pemerintah untuk mendirikan pabrik minyak sawit merah pada Oktober 2022. Beberapa pihak juga terlibat dalam pendirian pabrik ini meliputi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Standarisasi Nasional (BSN). Tetap baca terus artikel di website Gokomodo agar tidak ketinggalan informasi seputar minyak sawit dan agribisnis lainnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.