Diterbitkan 5 Jul 2023

Produksi Minyak Sawit Dunia Periode 2022/2023 Ternyata Meningkat

News
produksi minyak sawit dunia

Produksi minyak sawit dunia pada tahun 2023 cenderung terus meningkat. Minyak sawit merupakan salah satu minyak nabati yang digunakan dalam skala internasional. Selain dijadikan sebagai bahan dasar minyak goreng, minyak dari tanaman kelapa sawit ini juga bisa diolah menjadi berbagai produk kebersihan, kosmetik, hingga bahan bakar.

Tingginya permintaan pasar terhadap minyak sawit membuat para petani selalu berusaha meningkatkan produktivitas hasil. Dengan berbagai cara yang dilakukan, produksi minyak sawit global kini cenderung mengalami peningkatan.

Produksi minyak sawit dunia meningkat

Berdasarkan data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), hasil perkebunan kelapa sawit di dunia pada tahun 2022/2023 tercatat mencapai 77,74 juta metrik ton. Angka tersebut bahkan meningkat sekitar 6,57% jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya pada 2019/2020 dan 2021/2022. 

Dilihat dari hasil perkebunan minyak kelapa sawit dunia tersebut, Indonesia tercatat sebagai negara produsen minyak kelapa sawit terbesar dengan jumlah 46 juta metrik ton. Angka tersebut bahkan setara dengan 59,2% dari total minyak kelapa sawit seluruh dunia di periode 2022/2023. 

Produsen minyak sawit terbesar di dunia selanjutnya adalah Malaysia. Negara tetangga ini menyumbang produksi minyak kelapa sawit yang mencapai 18,6 juta metrik ton. Di urutan ketiga, Thailand menyusul dengan jumlah hasil minyak kelapa sawit sekitar 3,42 juta metrik ton.

Lebih lanjut, negara produsen minyak sawit terbesar selanjutnya adalah Kolombia dengan total produksi sebanyak 1,77 juta metrik ton. Kemudian disusul oleh Nigeria dengan total hasil minyak sawit sekitar 1,4 juta metrik ton. Negara yang belum disebutkan diatas memiliki trend peningkatan minyak kelapa sawit juga loh! Wah semakin berlomba-lomba ya!

Data di atas tentunya menjadi bukti bahwa hasil minyak sawit dunia periode tahun 2022/2023 telah mengalami peningkatan yang cukup pesat. Dengan demikian, jumlah tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan global terkait konsumsi minyak sawit sehari-hari.

Itu dia sekilas informasi mengenai kelapa sawit dalam dunia internasional yang perlu kamu tahu. Apabila kamu masih penasaran dengan informasi menarik lainnya, seperti artikel 4 Cara Meningkatkan Produksi Kelapa Sawit di Lahan Gambut, segera kunjungi website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.