Masih WFH? Berikut Lima Tips Menunjukkan Akuntabilitas Saat Bekerja dari Rumah

Tips / Tutorial
Bagikan

Kebijakan bekerja dari rumah (WFH) awalnya diwajibkan pemerintah dengan tujuan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 di masa pandemi. Namun, saat kondisi pandemi membaik, tren bekerja dari rumah menjadi sangat populer sehingga beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak karyawan ingin tetap WFH bahkan setelah pembatasan terkait pandemi telah dilonggarkan.

Fakta ini tidak mengherankan karena WFH dianggap lebih efisien bagi karyawan. Mereka tidak perlu merasakan macetnya pergi ke kantor. Kita dapat bangun 15-30 menit dan tetap tepat waktu masuk kerja, kita juga dapat memakai baju apapun yang kita mau senyaman kita. Meskipun memberikan banyak keuntungan, WFH juga memiliki tantangan tersendiri. Bagi atasan, kurangnya komunikasi tatap muka dan kemampuan pemantauan jarak jauh yang terbatas, sulit untuk mengetahui apa yang sedang dikerjakan tim. Bagi karyawan, WFH juga memberikan godaan yang besar untuk terdistraksi hal-hal diluar pekerjaan sehingga sulit fokus dan mendisiplinkan diri saat bekerja di rumah. Selain itu, merupakan tantangan juga bagi para pekerja untuk membuktikan performa kerja secara profesional kepada atasannya saat bekerja dari rumah. 

Untuk membantu para pekerja jarak jauh agar tetap produktif, yuk kita simak sejumlah tips yang dapat kamu gunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan akuntabilitas saat bekerja! 

  1. Miliki Target Profesional

Jika kamu sedang bekerja jarak jauh, memahami visi dan misi perusahaan saja tidak cukup untuk membuatmu konsisten dalam hal memberikan menunjukkan akuntabilitas dan performamu. Oleh karena itu, kamu perlu menetapkan kriteria profesionalitasmu. Misalnya, kamu berencana untuk mendapatkan sertifikasi baru dalam waktu satu bulan, atau mendapatkan promosi jabatan dalam waktu satu tahun. Jika kamu memiliki tujuan tertentu dalam jenjang karirmu, hal tersebut dapat memotivasi kamu untuk secara konsisten menyelesaikan pekerjaan-pekerjaanmu secara efektif dan efisien. 

  1. Buat Ruang Kerja di Rumah

Salah satu cara untuk mempertahankan akuntabilitas diri saat WFH adalah dengan membuat satu ruang kerja khusus di rumahmu. Hal ini akan membantumu untuk meminimalisir distraksi sehingga kamu tetap dapat fokus untuk melakukan pekerjaanmu. Selain itu, kamu juga bisa membuat tanda di depan pintu ruang kerjamu, untuk memberitahu keluarga bahwa kamu sedang bekerja. Dengan demikian, suasana bekerja di kantor akan tetap terasa meskipun kamu sedang bekerja di rumah.

  1. Buat Daftar Rutinitas Harian

Cara lain unutk menunjukkan akuntabilitas saat WFH adalah dengan mendaftar pekerjaan-pekerjaanmu di hari tersebut. Selain dapat membantumu menyiapkan energi dan mengelola waktu secara efektif untuk mengerjakan tugas-tugas di hari itu, kamu juga dapat melacak skala performamu dalam mengerjakan tanggung jawab harian. Jika kesulitan mendaftarnya secara manual, kamu dapat menggunakan tools digital seperti kalender online.

  1. Miliki Rekan Kerja yang Bertanggung Jawab

Bekerja jarak jauh terkadang akan membuatmu bosan dan kehilangan semangat (burnout). Oleh karena itu, terhubung dengan rekan kerja yang bertanggung jawab dapat meningkatkan motivasimu dalam menjaga kinerjamu. Kamu dapat bertanya setiap hari tentang kemajuan pekerjaan masing-masing. Selain meningkatkan kepuasan kerjamu, hal ini dapat membangun hubungan baik dengan rekan kerjamu.

  1. Berkomunikasi dengan Atasanmu

Tips terakhir untuk menunjukkan akuntabilitasmu adalah dengan mengirimkan update harian atau mingguan tentang kemajuan atau progress pekerjaanmu kepada atasanmu. Selain mengisi absen dan mengisi log book-mu,  kamu juga dapat berinisiatif untuk mengirimkan email atau pesan obrolan kepada manajermu tentang rincian pekerjaan yang telah kamu selesaikan hari ini dan apa yang kamu rencanakan untuk dikerjakan di masa mendatang. Kamu juga dapat memberikan ide dan saran-saranmu untuk pekerjaan-pekerjaan di perusahaan. Menunjukkan kepada manajermu berapa banyak yang telah kamu capai dapat membantumu mendapatkan promosi atau keuntungan pengembangan profesional lainnya.

Nah, itu dia tips-tips untuk menunjukkan akuntabilitas kerja-dari-rumah. Intinya, baik kamu yang bekerja jarak jauh atau bekerja dari kantor, akuntabilitas perlu kamu pertahankan untuk mencapai jenjang karir yang jelas, meningkatkan keberhasilan tim dan pengembangan profesional. Selamat mencoba!

Bagikan Artikel ini
Share