Perlu Diwaspadai, Inilah Tanda dan Bahaya Ban Botak pada Kendaraan!

Teknologi
Bagikan
bahaya ban botak

Pengecekan komponen kendaraan, termasuk ban, sering diabaikan oleh pengguna. Ban yang tidak sering dicek, bisa jadi kondisinya tidak memadai, salah satunya ban botak. Ban botak merupakan kondisi dimana kamu harus segera mengganti ban. Bahaya ban botak harus dihindari agar tidak terjadi hal yang diinginkan.

Ban botak, atau lebih dikenal dengan ban tipis, yaitu keadaan dimana tapak ban sudah terkikis dan menyisakan sedikit atau tidak ada sama sekali guratan pada ban kendaraan. Guratan pada ban inilah yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Bentuk dan ukuran tapak ban ada yang rapat dan agak lebar, menyesuaikan dengan kendaraan.

Ban botak bisa disebabkan karena

Kurang angin

Tekanan angin yang kurang menyebabkan ban lebih sering tertekan oleh velg dan berakibat ban lebih cepat botak dan parahnya bisa meledak. Kurangnya tekanan angin bisa membuat cengkeraman di jalan juga berkurang. 

Apabila ban terasa berat sebelah atau ringan sebelah, maka kamu bisa merasakan getaran saat melaju dengan kecepatan tinggi. Keseimbangan ban sangat penting agar roda berputar dengan semestinya dan mengurangi resiko ban botak bagian tengah.

Suspensi kurang tepat

Pemasangan suspensi yang tidak tepat berpengaruh terhadap daya cengkeram dan ‘menapak’ ban pada tanah. Pemasangan yang salah bisa dilihat dari tapakan ban yang miring. Bagian yang lebih rendah akan lebih cepat mengalami kebotakan daripada bagian ban yang lebih tinggi. 

Melaju kencang di medan yang tidak tepat

Ban akan lebih mudah botak jika digunakan pada jalan yang kondisinya buruk ditambah dengan kecepatan yang tinggi. Jika diteruskan seperti ini, maka akan mempengaruhi kaki-kaki mobil dan komponen yang lain. 

Kurangnya pengetahuan tentang rotasi ban

Rotasi ban merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengganti ban yang sudah tipis. Dengan rotasi ban, kamu bisa meratakan ban dengan cara menukar posisi setiap ban. Namun, penggantian posisinya harus dilakukan dengan benar – Sudahkah Rutin Melakukan Rotasi Ban? Berikut Cara dan Manfaatnya untuk Berkendara.

Bahaya menggunakan ban botak:

  • Sulit mengerem kendaraan karena daya cengkeram ban dan jalan berkurang
  • Terjadi hydroplanning atau kondisi ban melaju bebas di atas permukaan air akibat hilangnya daya belah pada ban botak.
  • Suhu ban menjadi meningkat sehingga rawan terjadi ban pecah
  • Ban menjadi tidak tahan benturan yang disebabkan permukaan ban yang terlalu tipis. 

Saat melakukan servis kendaraan, pastikan kamu tidak lupa untuk meminta teknisi mengecek kesehatan ban. Apabila ketebalan ban mencapai 3 mm atau hilangnya motif pada ban, segera ganti ban untuk menghindari resiko kecelakaan di jalan. Gokomodo Corporate Commerce juga menyediakan ban berkualitas dan bergaransi tentunya dengan harga murah. Jangan buang waktumu, segera beli ban baru untuk kendaraanmu!

Bagikan Artikel ini
Share