Diterbitkan 25 Mar 2024

Lebih Hemat dan Murah! Inilah Pupuk Semprot Tanaman Yang Bisa Kamu Coba

Agri Edu
Pupuk Semprot Tanaman

Ada banyak sekali pupuk yang digunakan oleh petani, salah satunya pupuk semprot. Pupuk semprot biasanya pupuk cair yang diaplikasikan dengan cara disemprot. Tetapi, apa hanya itu sajakah pengertian dari pupuk semprot? Jika kamu masih bingung, kali ini Gokomodo akan bahas tentang pupuk semprot beserta macamnya yang mudah dijumpai di pasaran.

Apa Itu Pupuk Semprot?

Pupuk semprot merupakan pupuk organik maupun anorganik yang tersedia dalam sediaan cair. Agar penggunaannya merata, biasanya pupuk ini diaplikasikan dengan cara disemprot, sehingga partikel-partikelnyna mengenai tanama secara merata. Sebenarnya, pupuk semprot merupakan pupuk daun yang sudah jelas pengaplikasiannya disemprotkan pada permukaan daun. Nah, banyak sekali nih petani yang menggunakan pupuk semprot daun. Penasaran apa saja macamnya?

Pupuk Semprot: Grow Fast

Grow Fast merupakan pupuk semprot organik daun yang praktis dan siap pakai. Bahan yang terkandung antara lain nitrogen, fosfor, kalium, magnesium, natrium arthonitrofenol, natrium paranitrofenol, natrium 2,4, dinitrofenol, IBA (0,057), dan natrium nitrigulakol. Manfaatnya antara lain:

  • Meningkatkan pertumbuhan tanaman.
  • Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit dan organisme pengganggu tanaman.
  • Meningkatkan kualitas daun

Penggunaan pupuk semprot hanya satu kali dalam seminggu. Baiknya pupuk semprot digunakan di pagi hari pada jam 07.00-08.00 maupun sore hari jam 15.00-19.00, ya.

Pupuk Semprot: NPK Cair Indofertil

Sumber: Saprotan Utama

Pupuk NPK ini merupakan pupuk semprot yang dapat digunakan untuk daun, bunga, dan buah. NPK Cair Indofertil memiliki komposisi nitrogen (10%), fosfor (10%), kalium (10%), serta dilengkapi dengan unsur hara mikro – Jarang Dibahas, Inilah Pengertidan dan Jenis Unsur Hara Mikro yang Dibutuhkan Tanaman. Pupuk ini dapat digunakan untuk tanaman pangan serta tanaman hortikultura. Manfaat yang dapat terlihat dengan pemakaian jenis pupuk ini yaitu

  • Tunas dan daun lebih hijau dan tumbuh subur.
  • Bunga tumbuh sempurna serta mencegah kerontokan buah dan bunga.
  • Memaksimalkan peningkatan kualitas dan kuantitas buah saat panen dikemudian hari. 

Untuk penggunaannya dapat diencerkan terlebih dahulu 1 tutup botol pupuk semprot NPK Cair Indofertil dengan 1 liter air. Pupuk semprot NPK Cair Indofertil dapat disemprotkan ke seluruh daun, batang, dan cabang tanaman serta dapat dimulai usia 14 haris setiap tanam. Lakukan penyemprotan setiap 7 hari sekali. 

Pupuk Semprot: Morden-Fol

Sumber: Mitra Bertani

Pupuk semprot Morden-Fol merupakan pupuk cair yang mengandung magnesium pirofosfat dengan konsentrasi tinggi sebanyak 43%. Pupuk semprot ini biasanya digunakan saat fase pertumbuhan awal, pembentukan bunga, dan ketika tanaman terjangkit penyakit. Fosfat dalam konsentrasi tinggi berguna untuk menyimpan energi metabolisme dan menyebarkan ke seluruh bagian tumbuhan. Selain itu, fosfat juga memperbaiki kualitas tanaman. Manfaat lain penggunaan pupuk semprot Morden-Fol yaitu:

  • Merangsang pertumbuhan sistem perakaran, mulai dari pembentukan bulu, serabut akar, hingga percabangan tanaman. 
  • Memicu pertumbuhan bunga produktif
  • Meningkatkan pengisia biji
  • Membantu pembentukan energi ketika fase-fase krusial, terutama saat fase generatif berlangsung. 
  • Mempertahanankan zat hijau daun pada tanaman dewasa. 

Nah, itulah beberapa macam pupuk semprot yang dapat kamu pertimbangkan untuk dibeli. Tidak perlu bingung lagi mencari pupuk semprot asli berkualitas, kamu cukup kunjungi GokoBiz aja, ya! Cari rekomendasi pupuk lainnya? Temukan banyak rekomendasi pupuk NPK, KCL, dan lainnya hanya di blog Gokomodo, ya! Selamat berkebun!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin