Bingung Membedakan Laptop dan Notebook? Simak Artikelnya Berikut Ini!

Teknologi
Bagikan
laptop dan notebook

Laptop dan notebook sudah menjadi kebutuhan pekerjaan maupun pendidikan. Meskipun kedua gadget tersebut memiliki kesamaan bentuk dan fungsinya, apakah kamu tahu perbedaan keduanya?

Berikut Gokomodo rangkum perbedaan laptop dan notebook.

a. Dimensi layar

Laptop memiliki dimensi layar yang besar yaitu lebih dari 18 inch. Sedangkan layar notebook hanya 13-18 inch saja. Wah, sudah terlihat kan perbedaan dimensinya saja?

b. Berat

Dari ukuran layarnya yang berbeda, tentu berat dari kedua gadget juga berbeda. Berat laptop berkisar 3 sampai 5 kilogram. Notebook sendiri beratnya hanya 1 sampai 2 kilogram.

c. Grafis

Spesifikasi grafis notebook dan laptop jelas berbeda. Biasanya, perbedaan spesifikasi grafis sangat berpengaruh untuk designer grafis dan gamers. Sistem grafis pada laptop menggunakan sistem VGA seperti AMD Radeon dan NVIDIA Geoforce. Notebook biasanya dilengkapi dengan VGA yang sesuai dengan standar prosesor seperti Intel Iris Xe dari prosesor Intel atau AMD Radeon dari seri AMD Athlon.

d. Prosesor

Prosesor biasanya menjadi pertimbangan untuk memilih menggunakan laptop atau notebook, karena keduanya memiliki kapasitas prosesornya masing-masing. Seri prosesor laptop biasanya menggunakan seri Intel Core i3, i5, i7, dan seterusnya. Notebook sendiri menggunakan Intel Celeron atau Pentium. 

e. RAM

Semakin kompleks komponen gadget, biasanya memerlukan RAM yang besar juga untuk menjalankan program/aplikasi didalamnya. Program/aplikasi yang ada pada laptop biasanya berbeda dengan notebook. Untuk itu, laptop biasanya memerlukan RAM minimal 8 GB sampai 16 GB dan untuk notebook hanya berkisar pada 4 GB saja. 

f. Harga

Kalau soal harga, tentu keduanya memiliki harga berbeda sesuai dengan spesifikasi masing-masing. Laptop memiliki harga lebih tinggi daripada notebook karena spesifikasinya lebih kompleks dan tingkatannya lebih tinggi dibandingkan notebook. 

Itulah perbedaan laptop dengan notebook. Semoga setelah membaca ini, kamu tidak bingung membedakannya ya! Agar wawasan tentang laptop bertambah, kamu bisa baca artikel Ketahui 7 Manfaat Laptop Berikut Ini! dan artikel lain melalui website Gokomodo. Jangan takut kudet karena update setiap hari!

Bagikan Artikel ini
Share