Diterbitkan 30 Apr 2024

11 Daun Herbal untuk Menurunkan Gula Darah Wajib Kamu Tahu!

Tips / Tutorial

Diabetes merupakan penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah atau gula darah. Diabetes membutuhkan perawatan dan perhatian medis khusus. Kesalahan diagnosis atau kurangnya kesadaran tentang kondisi ini seringkali bisa menyebabkan konsekuensi serius, seperti obesitas, kerusakan ginjal, dan penyakit kardiovaskular. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, pada 2030 mendatang, diabetes bakal menjadi pembunuh terbesar ketujuh di dunia. 

Sumber: CNN

Penting untuk membiasakan diri dengan gaya hidup yang sehat. Sebagai alternatif, penderita diabetes disarankan mongonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah. Berikut merupakan beberapa daun herbal yang terbukti efektif menurunkan kadar gula darah penderita diabetes:

Berbagai macam daun untuk menurunkan gula darah:

  1. Daun bayam, sayuran yang mengandung kuantum serat dapat mencegah lonjakan kadar gula darah. Bayam memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, konsentrasi polifenol yang tinggi, dan vitamin C memiliki sifat antioksidan berperan dalam mengatur kadar gula darah. Bayam juga mengandung jumlah magnesium yang cukup dapat mengurangi risiko diabetes.
  2. Daun mangga, pencegah komplikasi diabetes. Sarat dengan pektin, vitamin C, dan serat menjadikan daun mangga memiliki manfaat dalam menurunkan diabetes dan kolesterol. Ekstrak daun mangga (mangiferin) menghambat enzim alfa glukosidase, yang membantu mengurangi metabolisme karbohidrat di usus, sehingga memicu menurunkan kadar glukosa darah. Selain itu, daun mangga berperan meningkatkan produksi insulin dan distribusi glukosa untuk menstabilkan kadar gula darah.
  3. Daun kale (makanan super), antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam kale, termasuk quercetin dan kaempferol, memiliki efek penurun gula darah dan sensitivitas insulin yang kuat. 
  4. Daun banaba, bersifat anti-diabetes memiliki senyawa antioksidan, penurun kolesterol, dan efek anti-obesitas. Asam corosolic dalam daun banaba dapat menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan penyerapan glukosa, dan menghambat alpha-glucosidase (enzim pencerna karbohidrat).
  5. Daun pepaya, ekstrak daun pepaya memiliki antioksidan kuat dan efek penurun gula darah. Pepaya di percaya dapat melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini.
  6. Daun sage, efektif mengurangi kadar glukosa darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dengan efek yang sama seperti obat anti-diabetes. Selain itu, sage yang dijadikan teh dan dikonsumsi dapat bertindak seperti metformin, yaitu obat untuk mengontrol gula darah.
  7. Daun kelor, mengandung asam klorogenik bermanfaat mengendalikan kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa sesuai kebutuhan. Selain asam klorogenik, senyawa isothiocyanate yang terkandung dalam daun kelor juga mampu memberikan perlindungan alami terhadap diabetes. Daun kelor juga memiliki efek positif pada kontrol glukosa darah dan kadar insulin pada pasien dengan diabetes.
  8. Daun mangga, kandungan nutrisi daun mangga seperti pektin, serat, dan vitamin C berperan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, melancarkan distribusi glukosa, dan menstabilkan tingkat gula darah.
  9. Daun salam, rebusan nya dalam bentuk teh dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Selain mendukung kesehatan jantung, konsumsi daun salam juga dapat membantu mengatur dan menurunkan tekanan darah.
  10. Daun kari, kaya akan senyawa seperti alkaloid, glikosida, senyawa fenolik, linalool, alpha-terpinene, hingga caryophyllene yang berfungsi sebagai antioksidan alami untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat. Mengonsumsi daun kari dapat mengontrol gula darah serta efektif menekan risiko penyakit diabetes.
  11. Daun fenugreek, mampu mengatur glukosa. Asam amino yang terkandung dalam fenugreek berupa senyawa 4HO-Ile bersifat anti-diabetes, dapat merangsang sekresi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga dapat menjaga kadar glukosa darah tetap stabil

Demikian informasi terkait Daun Herbal; Solusi Paling Hemat Menurunkan Gula Darah! Dapatkan informasi pertanian lainnya Jadi Komoditas Unggulan, Cara Budidaya Kopi Semakin Diperhatikan dengan mengunjungi website Gokomodo. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin