Diterbitkan 8 Nov 2023

2 Cara Cek Kebocoran Oli Mobil Matic yang Wajib Kamu Ketahui

Teknologi
Oli mobil matic

Oli mobil matic merupakan salah satu komponen yang berfungsi menjaga kinerja mesin kendaraan. Oli dapat dibagi ke dalam 4 jenis, yaitu oli transmisi, oli rem, oli power steering, dan oli gardan yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Penggantian oli disarankan dilakukan secara berkala, wajib baik untuk mobil lama maupun mobil keluaran terbaru.

Telat melakukan penggantian oli pada mobil matic dapat menyebabkan kebocoran pada mobil. Tentunya kebocoran tersebut akan berdampak pada saat perpindahan posisi gear dan membuat sistem transmisi mobil matic mengalami kerusakan. Sudah pasti biaya untuk penggantian transmisi mobil matik akan sangat mahal.

Kebocoran pada oli mobil matik dapat disebabkan akibat kerusakan saluran fluida, pelat transmisi, hingga penggunaan. Artikel dibawah ini akan membahas penyebab kebocoran oli beserta cara cek kebocorannya Simak ulasan berikut yang merupakan penyebab kebocoran oli mobil matic yang wajib diketahui oleh pemilik kendaraan diantaranya:

Baut pembuangan oli mobil matic bermasalah

Baut pembuangan oli mobil terletak cukup tersembunyi. Sebagai preventif, saat penggantian oli, kamu harus melakukan cek ulang pada baut pembuangan dan pastikan terpasang dengan pas dan presisi supaya oli mobil tidak mengalami kebocoran. Selain itu, keretakan juga sering terjadi pada baut atau rumah baut (ulir) pembuangan oli dan menyebabkan oli mobil menjadi bocor.

Kerusakan pada seal atau gasket.

Seal karet dan gasket memiliki fungsi untuk menahan oli didalam agar agar tidak keluar. Penggantian seal karet dan gasket akan menjadi lebih sering jika oli mobil jarang diganti, akibatnya residu oli transmisi yang tersisa dapat menyebabkan kerusakan pada seal karet dan gasket.

Telat mengganti oli

Oli mobil matic berperan sebagai pelumas antar komponen yang saling bergesekan saat mesin digunakan. Pada saat oli sudah mencapai batas maksimal itu berarti sudah harus dilakukan pergantian dengan oli yang baru. Jika komponen mesin tidak mendapatkan pelumas saat digunakan, dapat memicu gesekan logam pada transmisi sehingga menghasilkan serbuk logam. serbuk logam ini akan terus bersirkulasi karena filter oli tidak dapat menampung dan akan menyebabkan kerusakan pada seal dan mengakibatkan kebocoran oli mobil.

Sumber: CarsWorld

Bak transmisi mengalami keretakan

Kamu perlu memerhatikan jika terjadi benturan pada mobil bagian roda depan atau kolong mobil saat berkendara, bukan tidak mungkin menyebabkan bak oli transmisi mengalami keretakan. Keretakan yang terjadi akan membuat oli transmisi pada mobil matik mengalami kebocoran, tentunya kamu akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk memperbaikinya. Sebaiknya lakukan perawatan pada oli mesin secara rutin untuk menghindari adanya kerusakan pada sparepart lainnya.

Cara cek kebocoran oli mobil matic

Ada dua cara untuk melakukan pengecekan kebocoran. Pertama, menggunakan dipstick oli transmisi yang tersedia pada bagian tertentu mobil dengan cara membuka kap mesin mobil lalu melihatnya. Pada dipstick, terdapat tulisan Hot (H) dan Cool (C ). Apabila dipstick menunjukan indikator dibawah Cool (C ) saat mobil dipanaskan dapat dipastikan volume dari oli mobil matik berkurang. Sebaliknya, jika dipstick menunjuk pada indikator Hot (H) dapat dipstikan bahwa oli mobil masih terisi penuh. 

Kedua, adalah dengan melihat langsung ke bagian kolong mobil. Pindahkan mobil ke tempat lain, jika di lantai sekitar kolong mobil tempat parkir sebelumnya terdapat tetesan oli, kemungkinan oli mengalami kebocoran. Dapat juga melakukan pengecekan sekeliling bagian mesin dan transmisi, jika terdapat  rembesan oli berarti memang terjadi kebocoran oli. Jika hal itu terjadi, sebaiknya segera menghubungi bengkel resmi terdekat agar tidak timbul masalah yang lebih besar.

Itulah penjelasan terkait penyebab kebocoran oli mobil matic beserta cara cek kebocoran oli mobil matic. Bagaimana, sudah paham dengan informasi yang dijelaskan diatas? Jika kamu mengalami kebocoran pada oli mobil matic, jangan khawatir, produk oli mobil matic pengganti yang kamu cari tersedia lengkap di Gokomodo segera kunjungi website GokoBiz aman dan terjangkau. Kamu juga dapat menemukan informasi lainnya seputar Oli Gardan (kasih link oligardan cayang). Selamat berselancar!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin