Diterbitkan 19 Sep 2023

4 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Ban Mobil

Teknologi
ban mobil

Apa yang sudah kamu ketahui tentang ban mobil? Ban mobil merupakan salah satu komponen penting pada bagian luar mobil yang melakukan kontak langsung dengan permukaan jalan atau medan. Pengendara roda empat perlu memerhatikan perawatan suku cadang kendaraan yang dimiliki sebagai bahan preventif keselamatan pengemudi saat berkendara.

Ban mobil yang tidak memiliki alur kembangan pada permukaan tapaknya biasa disebut dengan ban slick. Ban slick (ban botak atau ban gundul) menjadi ciri-ciri bahwa ban harus segera diganti. Berikut 4 hal yang perlu kamu ketahui tentang ban mobil di bawah ini!

Pentingnya mengganti ban mobil

Hal pertama yang perlu diketahui ialah mengendarai kendaraan dengan ban yang sudah gundul akan mengurangi kemampuan ban mobil untuk mencengkeram tanah. Jika dikendarai di atas permukaan yang berpasir atau berkerikil, gaya gesek ban mobil terhadap tanah tidak akan maksimal.

Ban mobil yang gundul dapat membahayakan pengendaranya, termasuk berpotensi menimbulkan kecelakaan. Selain menimbulkan kecelakaan, menunggu ban mobil rusak total akan menguras dompet karena memerlukan perawatan yang lebih banyak pada kendaraan.

Waktu terbaik ganti ban

Ban mobil tidak memiliki masa kadaluarsa, meskipun terlihat masih bagus dan belum aus bukan berarti masih dapat bekerja secara maksimal, sehingga waktu terbaik untuk mengganti ban mobil adalah wajib bagi pengendara minimal mengganti ban mobil satu kali dalam kurun waktu lima tahun.

Mengganti ban setiap 5 tahun sekali merupakan upaya menjaga performa kestabilan laju kendaraan. Karena apabila sudah lewat dari lima tahun, maka ban akan mengalami perubahan struktur dan kualitas yang dapat membuat ban mobil tidak dapat bekerja secara optimal.

Cara memilih ban mobil bekas

Pertama yang krusial adalah mengecek dan memerhatikan dengan detail kondisi bead ban. Bead ban dapat dilihat langsung di punggung velg, pastikan bead ban mobil harus berada dalam kondisi utuh dan tidak coak atau mengalami luka lain karena dapat menyebabkan bocor sehingga angin merembes keluar.

Kedua adalah perlunya mengecek ketebalan kembangan dengan berpatokan pada Tread Wear indicator (TWI). Ban bekas dengan ketebalan tapak ban lebih tinggi sekitar 3-4 mm dari indikator TWI masih layak untuk dipakai beberapa tahun ke depan. Selain itu, wajib perhatikan, jumlah tambalan ban mobil, semakin minim tambalan pada ban mobil semakin baik kadar keamanan kendaraan saat mengemudi.

Ketiga adalah memilih ban mobil yang usianya berada dibawah lima tahun terhitung setelah diproduksi. Hal ini bertujuan untuk menjaga keoptimalan daya cengkram karet dan mengeliminir suara angin. Apabila ban mobil sudah diatas lima tahun bisanya ada retak rambut di beberapa bagian tapak ban yang menyebabkan proforma ban mobil tidak optimal. Ketahui lebih lanjut cara merawat ban mobil pada artikel satu ini, yuk! – Begini Cara Merawat Ban Mobil yang Benar, Dijamin Awet!.

Cara memilih ban mobil baru

Ban mobil merupakan komponen penting yang menentukan kelancaran dalam berkendara. Menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman, sepertinya perlu agar tidak asal pilih. Berikut merupakan cara memilih ban mobil baru.

1. Memilih Ban Mobil dari Ketebalannya

Sama halnya dengan mobil bekas, ban mobil baru juga perlu memliki ketebalan yang bagus, pada umumnya ketebalan 50 agar keseimbangan kendaraan dan performanya bisa meningkat.

2. Memerhatikan Tahun Pembuatan Ban Mobil

Tahun pembuatan ban mobil terdiri dari empat digit angka, misalnya seperti kode 0313. Kode 03 menunjukkan waktu dibuat ban, yakni di minggu ketiga. Kode 13 menunjukkan pada tahun berapa ban itu diproduksi. Sehingga, kesimpulan dari kode 0313 adalah ban tersebut dibuat pada minggu ke–3 tahun 2013.

3. Memilih Ban Sesuai Tipe/Jenis Mobil

Tipe dan jenis ban mobil dapat dilihat dari rekomendasi pabrikan, biasanya pada bagian plakat laci atau pintu, atau di dekat tutup tangki bahan bakar. 

4. Memilih Ban Mobil Sesuai Ukuran

Ukuran ban mobil dapat dilihat dari keterangan kode-kode yang diukir di permukaan samping ban. Contohnya, kode ban mobil adalah 205/55 R16 91 V. Kode 205, menunjukkan lebar telapak ban dalam satuan mm, kode 55 menunjukkan aspek rasio ketebalan ban dalam persentase atas lebar tapaknya, kode 16 Menunjukkan diameter velg yang dicantumkan dalam satuan inci, kode 91 menunjukkan indeks beban maksimum, dan kode V menunjukkan batas kecepatan maksimum.

Itulah 4 hal tentang ban mobil yang perlu kamu ketahui sebelum berkendara. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menemukan berbagai informasi tentang mobil, ya! Yuk, pantau terus semua hal kebutuhan kamu hanya melalui website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin