Diterbitkan 29 Jun 2023

4 Ide Bisnis Pertanian dengan Modal Kecil

Agri Edu
bisnis pertanian

Bisnis pertanian memang tidak akan ada matinya. Hal ini karena sampai kapanpun, manusia akan tetap membutuhkan makanan untuk menunjang aktivitasnya. Oleh karena itu, mulai mencari ide bisnis pertanian adalah langkah tepat untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Ide Bisnis Pertanian Paling Menjanjikan

1. Budidaya Sayuran Hidroponik

Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah tanaman hidroponik, bukan? Sistem penanaman yang menggunakan air sebagai media tanam ini memang mulai banyak ditekuni sekarang ini. Tak hanya lebih cepat tumbuh, budidaya secara hidroponik juga membuat tanaman lebih segar. 

Metode hidroponik juga bisa dirintis dengan modal yang kecil, sebab kamu bisa melakukannya di lahan sempit seperti di pelataran rumah. Sayuran yang ditanam dengan metode ini juga lebih hemat air dan pupuk jika dibandingkan dengan budidaya secara konvensional pada umumnya.

2. Budidaya Tanaman Herbal

Menjadikan budidaya tanaman herbal sebagai bisnis pertanian merupakan ide yang tepat. Hal ini karena beberapa tanaman herbal, seperti kunyit, jahe, dan temulawak memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Selain itu, peluang bisnis ini juga masih terbuka lebar mengingat sedikitnya petani yang memilih bidang ini. Kamu juga bisa memulai dengan modal kecil saat awal merintis karena tanaman herbal bisa ditanam di lahan terbatas. 

3. Budidaya Jamur

Salah satu komoditas unggulan yang banyak dibudidayakan adalah jamur. Meskipun sudah banyak petani yang membudidayakannya, namun bisnis ini tetap saja menjanjikan karena permintaan pasar yang tinggi. 

Selain itu, budidaya jamur juga bisa dimulai dengan modal yang kecil di lahan sempit. Asalkan caranya tepat, budidaya jamur, seperti jamur tiram, jamur merang, atau jamur kancing juga akan menghasilkan omzet yang fantastis.  

4. Budidaya Lele

Peternakan merupakan salah satu subsektor pertanian, sehingga budidaya ikan lele termasuk salah satu ide bisnis kali ini. Tak hanya mendapatkan hasil menjanjikan dari harga jual yang stabil, waktu yang dibutuhkan untuk panen juga relatif singkat, yakni hanya sekitar 3-4 bulan setelah bibit ditebar. 

Itu dia 4 ide bisnis yang bisa kamu tekuni mulai dari sekarang. Setelah memilih jenis bisnisnya, kenali juga Alat Pertanian Modern untuk Petani yang bisa mempermudah pekerjaanmu. Kunjungi website Gokomodo untuk informasi menarik lainnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin