Diterbitkan 6 Oct 2023

4 Jenis Alat Pemotong Rumput Terbaik

Teknologi
alat pemotong rumput

Alat pemotong rumput adalah alat yang digunakan untuk merajang atau mencacah rerumputan atau tanaman. Nama lain dari alat jenis ini adalah grass cutter atau lawn mower. Alat pemotong ini dapat digunakan untuk memelihara dan merapikan tanaman. Biasanya alat yang digunakan untuk memotong rerumputan adalah sabit, gunting, dan mesin pemotong. 

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, memelihara atau memotong rumput dapat dilakukan dengan mudah dan praktis menggunakan mesin pemotong rumput, sehingga akan memberikan hasil yang lebih memuaskan dan rapi. Kelebihan dari mesin pemotong rumput adalah efisien waktu dan tenaga, hemat biaya, dan mudah dalam pengoperasian.

Meskipun memberikan manfaat yang banyak, namun penggunaan alat pemotong harus memperhatikan sekitar. Alat pemotong dapat menimbulkan suara bising, sehingga pastikan tidak mengganggu tetanggamu, ya! Penggunaan mesin pemotong sebaiknya ketika rumput sudah terlalu tinggi, untuk penggunaan areal yang sempit sebaiknya dipotong secara manual.

Sumber : productnation.co

Sebelum kamu memutuskan untuk memelihara atau merapikan taman sendiri, kerap kali perlu mempertimbangkan alat pemotong rerumputan yang akan digunakan. Selain itu, kamu juga juga perlu memahami keunggulan dan fungsi baik itu alat pemotong manual maupun alat pemotong yang menggunakan mesin. Nah jangan khawatir, berikut merupakan jenis-jenis mesin potong rumput.

1. Alat pemotong rumput manual

Alat pemotong rumput manual ini memiliki kelebihan yaitu tidak berisik dan hemat listrik / bahan bakar saat digunakan. Kekurangannya, pengguna memerlukan energi yang lebih banyak untuk menggerakkan mesin ini secara manual menggunakan tenaga manusia. Selain itu, alat pemotong jenis manual memiliki tipe dorong bentuk pemotongnya melebar sehingga tidak dapat digunakan untuk membentuk pinggiran (edging).

2. Alat pemotong rumput tenaga bensin

Alat pemotong rumput jenis ini dapat menggunakan senar atau pisau. Tenaga yang dimiliki besar sehingga penggunaanya fleksibel dan mesin mampu menyala lebih lama (heavy duty). Kekurangan dari mesin ini adalah harganya terbilang lumayan dan ukuran mesin ini tergolong berat. Berdasarkan cara kerjanya, alat pemotong rerumputan tipe gendong ini terbagi menjadi dua yaitu mesin potong 2 tak dan mesin potong 4 tak.

Mesin 2 tak membutuhkan bahan bakar bensin dicampur oli dan cenderung lebih boros. Sementara itu, mesin 4 tak membutuhkan bensin murni sebagai bahan bakarnya sehingga lebih hemat.Dari segi perawatan, mesin 2 tak memiliki biaya perawatan yang lebih murah dibandingkan mesin 4 tak. Suku cadang mesin 2 tak pun lebih gampang didapatkan.

3. Alat pemotong rumput tenaga listrik

Mesin ini menggunakan senar sebagai alat pemotong, jika senar sudah tidak berfungsi dengan baik, cukup diganti dengan senar yang baru. Kekurangannya, mesin harus tersambung listrik sehingga kurang tepat digunakan untuk merapikan taman yang luas.

Meskipun begitu, penggunaan dan perawatannya lebih praktis daripada mesin potong rumput dengan jenis mesin lainnya. Pemotong rumput tipe mobil (Riding Mower), memiliki ukuran yang cukup besar, biasa digunakan untuk merapikan lahan yang luas seperti lapangan sepak bola atau lapangan golf. Mesin ini dapat bekerja dalam waktu cepat dan efisien. 

4. Alat pemotong rumput mobil (Riding Mower)

Alat pemotong rumput mobil memiliki ukuran yang cukup besar, biasa digunakan untuk merapikan lahan yang luas seperti lapangan sepak bola atau lapangan golf. Mesin ini dapat bekerja dalam waktu cepat dan efisien. 

    Tips Menentukan Alat Pemotong Rumput 

    Untuk menentukan alat pemotong terbaik, hal yang perlu kamu gunakan, kamu perlu membandingkan keunggulan, kelemahan, serta harga yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu agar hasil output yang di dapatkan optimal sehingga kamu tidak mengalami kerugian secara finansial. Aspek permukaan tanah, luas, dan kekuatan mesin dapat menjadi tolok ukur kamu meilih alat pemotong. 

    Setelah mengetahui mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, segara tentukan pilihan dan temukan produk pilihan kamu hanya di website Gokomodo Corporate Commerce. Selain dari alat pemotong rumput, temukan informasi lain tentang alat teknologi pertanian lainnya pada link berikut – Darurat Listrik Saat Rekreasi? Genset Mini Solusinya!

    whatsapp
    twitter
    facebook
    linkedin