Diterbitkan 9 Aug 2023

4 Jenis Daun Penurun Kolestrol yang Sangat Mudah Ditemukan

Lifestyle
Daun penurun kolestrol

Pola makan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Kondisi ini akan memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke dan penyakit jantung.

Sebagai upaya pencegahan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya dengan mengonsumsi daun penurun kolestrol yang sudah direbus dari dedaunan herbal yang ada di sekitar. Berikut adalah ulasan singkatnya.

Daun penurun kolestrol

1. Daun Kelor

Akhir-akhir ini, daun kelor memang sedang naik daun di dunia pengobatan herbal. Meskipun sebenarnya, daun dari tanaman Moringa oleifera ini telah dikenal sejak lama sebagai bahan makanan dan obat dari berbagai penyakit. 

Dikutip dari penelitian yang dipublikasikan Malaysian Journal of Nutrition volume 23 nomor 3 tahun 2017, hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak polifenol dari daun Moringa oleifera memiliki efek penurunan kolesterol yang signifikan melalui penghambatan aktivitas reduktase HMG CoA dan pengikatan asam empedu feses.

2. Daun Tulsi

Daun tulsi atau daun basil suci merupakan rempah dengan rasa yang sedikit pedas dan pahit yang tidak hanya dijadikan sebagai bumbu masakan, namun juga digunakan sebagai obat herbal. 

Menurut studi tahun 2018 yang dilakukan untuk melihat efek daun tulsi pada orang dewasa berusia 40 tahun ke atas dengan gangguan metabolisme, disimpulkan bahwa daun ini dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. Agar efeknya optimal, kamu perlu mengonsumsi daun ini dengan dosis setidaknya 1 gram per hari.

3. Daun Kersen

Tak hanya bisa menikmati buahnya, kamu juga bisa mengolah daun kersen sebagai obat herbal. Klaim ini didasarkan pada kandungan antioksidan pada daun kersen, antara lain seperti flavonoid, steroid atau triterpenoid, dan tanin.

Kandungan antioksidan di atas dipercaya dapat menurunkan kolesterol dalam darah sesuai hasil penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Pharmacy tahun 2017. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut yang meliputi uji toksisitas, pengembangan produk, dan pemeriksaan klinis untuk hasil yang lebih optimal.

4. Daun Salam

Para wanita pasti sudah tidak asing lagi dengan daun yang satu ini. Salah satu bumbu dapur untuk melezatkan berbagai masakan ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Daun salam dengan nama latin Syzygium polyanthum mengandung senyawa fenolik yang potensial menurunkan kadar kolesterol. Bahkan dalam Jurnal Medika Planta tahun 2011, disebutkan bahwa infus daun salam dengab konsentrasi 5, 10, dan 20% memiliki efek menurunkan kadar kolesterol total darah pada tikus dislipidemia dan potensinya sama dengan obat Simvastatin.

Itulah empat daun yang bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan dosis yang tepat, daun-daun tersebut dapat dijadikan sebagai obat herbal yang efektif tanpa efek samping berarti. Untuk menambah wawasanmu, baca juga artikel berjudul 4 Macam Tanaman Hortikultura di Indonesia di website Gokomodo. Kunjungi sekarang, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin