Diterbitkan 25 Oct 2023

4 Manfaat Kelapa Sawit Paling Utama bagi Kehidupan Manusia

Lifestyle
manfaat kelapa sawit

Ada banyak sekali manfaat kelapa sawit bagi kehidupan manusia. Mulai dari digunakan sebagai bahan pangan, bahan bakar, hingga bahan baku industri farmasi dan kecantikan. Manfaat kelapa sawit ini diperoleh dari bagian yang beragam, yakni dari buah sawit, batang pohon, dan limbah cair yang dihasilkan setelah pengolahan.

Kelapa sawit juga memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian suatu negara. Pasalnya, kebutuhan akan minyak nabati satu ini memang sangat tinggi di seluruh dunia. Apabila bisa mengolahnya dengan baik, maka cadangan devisa negara akan meningkat dari tahun ke tahun dari kegiatan ekspor minyak kelapa sawit.

Sumber: IStock

Kelapa sawit memang menjadi komoditas tanaman perkebunan unggulan dengan nilai ekonomi yang tinggi. Berikut adalah manfaat kelapa sawit bagi kehidupan yang perlu kamu ketahui.

1. Sebagai Bahan Baku Produk Pengolah Makanan

Kelapa sawit menghasilkan buah yang dapat diolah menjadi minyak kelapa sawit. Minyak nabati ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat global, bahkan dengan rasio nyaris mencapai 40%. Minyak kelapa sawit yang dihasilkan akan diolah lebih lanjut sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng dan margarin yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan memasak sehari-hari.

2. Sebagai Bahan Baku Produk Ramah Lingkungan

Sebagai upaya menyelesaikan permasalahan sampah plastik, kita bisa mulai menggunakan bioplastik yang ramah lingkungan dan mudah terurai secara alami (biodegradable). Adapun untuk menghasilkan produk ini, kamu bisa menggunakan biomassa sawit, seperti tandan kosong, batang, dan limbah cair (POME). 

Produk ramah lingkungan lain yang bisa dihasilkan dari kelapa sawit adalah bahan bakar alternatif berupa biodiesel. Biodiesel ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari karena rendah emisi dan merupakan bahan bakar alternatif yang berasal dari bahan alami terbarukan. 

Lebih dari itu, cangkang sawit juga bisa diolah menjadi bahan baku arang (charcoal) yang berkualitas tinggi. Kandungan zat lignoselulosa pada cangkang sawit yang cukup tinggi akan membuat kualitas arang yang dihasilkan lebih baik dari arang yang diolah dari kayu atau tempurung kelapa biasa, serta mampu menghasilkan energi panas yang jauh lebih besar. 

3. Sebagai Bahan Baku Industri Farmasi dan Kecantikan

Minyak kelapa sawit kaya akan vitamin A (berbasis Beta Karoten), vitamin E (berbasis Tocopherol), dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Dalam industri farmasi, ekstraksi vitamin A dan E akan menghasilkan kapsul vitamin yang dapat dikonsumsi manusia. 

Sumber: IStock

Tidak hanya itu, Vitamin A dan E dalam kelapa sawit juga menghasilkan tocotrienol yang merupakan antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adanya kandungan fitosterol juga banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. 

Lebih lanjut, kandungan vitamin E dan tocotrienol juga terbukti secara klinis mampu merawat kulit sehingga banyak digunakan dalam industri kecantikan. Sifat seperti moisturizer yang mampu melembabkan kulit dan efek rambut yang lebih bersih, segar, sehat, lembut, dan halus juga membuat kelapa sawit banyak diolah menjadi lotion dan shampo.

4. Sebagai Bahan Pupuk Kompos dan Pakan Ternak

Tak hanya bermanfaat bagi manusia secara khusus, kelapa sawit juga dapat membantu meningkatkan produktivitas perkebunan dan peternakan. Hal ini karena ampas buah kelapa sawit dan daun kelapa sawit dapat diolah menjadi pupuk kompos mampu membantu menyuburkan tanah. 

Cangkang sawit, terutama bagian lapisan luar (kulit daging) juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran pakan ternak. Dengan perpaduan yang tepat antara kulit luar dengan tempurung sawit, tingkat metabolisme pada hewan ternak dan pertumbuhannya juga akan menjadi lebih cepat. Selain itu, ampas buah sawit juga bisa diberikan pada ternak seperti babi untuk menambah nutrisi pada makanan.

Meski demikian, sebelum diolah menjadi campuran pakan ternak, penggunaan cangkang sawit perlu diperhatikan dengan baik. Pastikan pengolahannya sudah sesuai dengan prosedur yang baik dan benar agar pakan yang dihasilkan tidak membahayakan kesehatan hewan ternak.

Nah, itu dia beberapa manfaat kelapa sawit yang perlu kamu tahu. Masih penasaran dengan manfaat kelapa sawit lainnya? Bacalah artikel Banyak yang Tidak Tahu, Inilah Manfaat Kelapa Sawit Sebagai Sumber Pangan di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin