Diterbitkan 22 May 2024

4 Rekomendasi Herbisida Kelapa Sawit Paling Ampuh

Agri Edu
Herbisida Kelapa Sawit

Setiap petani tentu tidak ingin ada gulma di sekitar perkebunannya agar kelapa sawit tumbuh dengan optimal. Keberadaan gulma sangat mengganggu tanaman kelapa sawit karena mereka akan berebut unsur hara, cahaya, iklim makro, pupuk, maupun nutrisi lainnya yang sama-sama dibutuhkan – Agar Tumbuh dengan Baik, Gunakan Pupuk NPK Kelapa Sawit Sesuai dengan Proses Tanamnya

Apalagi jarak antar tanaman kelapa sawit cukup lebar sehingga memungkinkan gulma tumbuh dimana saja dengan cepat dan sulit dikendalikan. Namun jenis gulma yang tumbuh terkadang berbeda-beda tergantung pada karakteristik lahan dan umur tanaman. Oleh karena itu, perhatikan tiap detail rekomendasi herbisida kelapa sawit berikut sebagai petunjuk tepat guna.

1. Gramoxone 276 SL

Gramoxone 276 SL sebenarnya merupakan herbisida multiguna karena tidak hanya dapat diaplikasikan pada kelapa sawit tetapi juga kakao, jagung, dan padi. Produk ini merupakan herbisida purna tumbuh yang berbentuk larutan dalam air berwarna hijau tua.

Penggunaannya biasanya ditujukan untuk mengendalikan gulma berdaun lebar maupun sempit dan teki pada lahan budidaya. Dengan pemberian Gramoxone 276 SL, petani dapat mendapatkan aneka manfaat termasuk memutus siklus hama dan mengembalikan unsur hara.

2. Becano® 500 SC

Sementara itu, jika kamu mencari herbisida untuk kelapa sawit pada saat pra tumbuh maka bisa memilih Becano® 500 SC. Merk herbisida ini juga dapat digunakan untuk mengendalikan karet, tebu tanam baru, tebu keprasan, maupun persiapan lahan tanaman perkebunan lainnya.

Dengan mengandung bahan aktif Indaziflam 500 g/l, Becano® 500 SC dapat mengendalikan gulma secara efektif dan efisien. Lama pengendaliannya bahkan mencapai 8 bulan sehingga dapat memudahkan pengaturan rotasi tenaga penyemprotan dan monitoring pengendalian gulma.

3. Roundup Biosorb 486 SL 

Roundup Biosorb 486 SL adalah herbisida purna tumbuh dengan bahan aktif glifosat. Produk ini diproduksi dengan Teknologi Biosorb serta menggunakan surfaktan yang dipatenkan sehingga tidak perlu diragukan kualitasnya.

Meski sebaiknya menghindari pemberian herbisida saat menjelang hujan, namun Roundup Biosorb 486 SL cukup tahan hujan hingga 1-2 jam setelah aplikasi. Kondisi tersebut dapat membuat kamu tidak perlu melakukan penyemprotan ulang jika ternyata turun hujan.

Penggunaan Roundup Biosorb 486 SL juga cukup hemat karena efektivitasnya yang tinggi sehingga tidak perlu menambahkan bahan surfaktan lain. Jenis gulma yang dapat dikendalikan juga beragam, mulai dari gulma umum saat persiapan lahan, gulma keras, sedang, maupun lunak.

4. Prima-Guard 480 EC

Prima-Guard 480 EC merupakan herbisida sistemik selektif yang memiliki bahan aktif Triklopir 480 g/L. Bentuknya berupa pekatan berwarna coklat yang ampuh mengendalikan gulma berkayu dan berdaun lebar yang menyerang tanaman kelapa sawit.

Pemberian Prima-Guard 480 EC cukup efektif karena mampu menyerap cepat melalui daun dan akar gulma kemudian ditranslokasikan ke seluruh jaringan. Pemberian dengan dosis 2 hingga 3 L/Ha secara berkala dapat menjamin gulma mati seluruhnya.

Nah, itu dia 4 top rekomendasi herbisida kelapa sawit yang paling ampuh mengendalikan gulma. Dapatkan produk-produk herbisida berkualitas dengan harga terbaik hanya di GokoMart. Segera kunjungi cabang terdekat dari tempat tinggalmu dan rasakan belanja produk pertanian dengan nyaman dan pasti menguntungkan. 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin