Diterbitkan 24 Jul 2023

5 Cara Memilih Biji Kopi Berkualitas untuk Diseduh

Lifestyle
biji kopi

Salah satu ide bisnis yang dinilai cukup menjanjikan adalah kedai kopi atau coffee shop. Melihat antusias masyarakat pecinta kopi di Indonesia yang tinggi, membuat kehadiran kedai kopi di berbagai daerah sangat dinanti-nanti oleh masyarakat. 

Apabila kamu ingin terjun di bisnis ini, pastikan kamu menyuguhkan secangkir kopi kepada pelanggan dari biji yang berkualitas. Sebab, cita rasa kopi yang nikmat dihasilkan dari biji kopi terbaik yang dipilih dengan ketelitian yang tinggi. 

Cara memilih biji kopi berkualitas

1. Pilih yang Beraroma Khas

Salah satu ciri biji berkualitas adalah memiliki aroma yang khas. Aroma yang kuat dan khas menandakan biji masih dalam kondisi segar dan layak dinikmati. Hindari menggunakan biji beraroma lemah karena kondisinya sudah tidak segar lagi.

2. Pastikan Fisiknya Sempurna

Memastikan kesempurnaan fisik biji kopi adalah hal yang wajib untuk mendapatkan biji berkualitas. Dengan demikian, pilih yang utuh sempurna dan hindari yang memiliki celah atau lubang.

3. Perhatikan Warna

Setelah memastikan fisiknya sempurna, selanjutnya adalah memperhatikan warna bijinya. Apabila sebelum disangrai memiliki bintik berwarna hitam atau coklat gelap, artinya ada pertumbuhan jamur yang dapat memproduksi racun seperti aflatoksin.

4. Pilih sesuai Selera

Ada banyak pilihan jenis kopi yang bisa kamu sajikan kepada pelanggan. Oleh karena itu, riset terlebih dahulu biji kopi jenis apa yang paling mereka sukai. Sebab, jenis Arabika dan Robusta akan memiliki aroma dan cita rasa khas masing-masing – 4 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika

Arabika akan menghasilkan rasa yang cenderung asam dan lembut, sementara Robusta akan menghasilkan rasa yang lebih pahit dan kuat. Sesuaikan dengan selera pelanggan agar kedai kopi milikmu dapat menyajikan kopi berkualitas terbaik.

5. Cek Tanggal Roasting 

Khusus jenis roasted, pastikan juga kapan tanggal roasting dilakukan. Sebab, biji kopi berkualitas baik harus dikonsumsi dalam jangka waktu 3 minggu dari tanggal roastingnya. Pastikan memilih yang masih segar akan mengeluarkan cita rasa manis alami dan aroma yang khas, sedangkan yang sudah melewati waktu 3 minggu, penampilannya akan cenderung pudar dan bertepung.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan biji kopi berkualitas terbaik. Selalu pantau website Gokomodo untuk mendapatkan pengetahuan seputar pertanian yang akan semakin menambah wawasanmu! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin