Diterbitkan 11 Oct 2023

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli Suku Cadang Genset

Teknologi
suku cadang genset

Genset adalah alat mesin yang dapat dimanfaatkan sebagai cadangan pasokan energi listrik ketika terjadi pemadaman atau kendala listrik lain. Genset terdiri dari komponen-komponen yang dirangkai menjadi sebuah mesin umumnya disebut sebagai suku cadang genset. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan artikel dibawah ini!

Suku Cadang Genset

Suku cadang genset merupakan komponen yang digunakan untuk menggantikan atau memperbaiki komponen yang rusak pada genset atau mesin generator. Sama dengan teknologi lainnya, genset perlu dilakukan perawatan terutaman perawatan pada setiap komponen genset. Hal ini merupakan upaya preventif agar genset tidak mudah mengalami kerusakan.

Mengganti suku cadang genset bertujuan agar genset lebih awet, dan tahan lama. Banyak variasi agen penjual genset, akan tetapi belum tentu mereka menyediakan semua suku cadang. Maka dari itu, pengguna harus mencermati dengan detail serta dapat mengidentifikasi masalah agar dapat memilih suku cadang yang sesuai untuk mengganti komponen yang rusak. 

Saat ini penggunaan teknologi yang menggunakan sumber energi listrik sangat tinggi sehingga permintaan akan kebutuhan listrik semakin meningkat. Energi listrik digunakan sebagai alat penerangan atau penggerak mesin baik itu di industri perusahaan maupun insutri rumah tangga.

Sumber: Indo Tara

Saat terjadi pemadaman listrik oleh pihak PLN umumnya alternatif yag digunakan sebagai pengganti adalah generator set (Genset). Semakin banyak permintaan penggunaan genset, kemungkinan perawatan genset diperlukan.

Cara Mencari Suku Cadang Genset

  1. Beli suku cadang di agen resmi, tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya penipuan. Membeli suku cadang yang dibutuhkan tentu harus memahami merk suku cadang yang diproduksi dan spesifikasinya, biasanya keaslian dan garansi suku cadang di agen resmi akan terjamin.
  2. Cek keaslian suku cadang, meskipun kamu beli di agen resmi pastikan keaslian produk suku cadang, tidak menutup kemungkinan ada penjual nakal yang menjual suku cadang asli tetapi sebenarnya suku cadang yang anda beli sebenarnya palsu.
  3. Pilih genset sesuai kebutuhan dan ketahui bahwa spare part tersebut selalu tersedia. Penggunaan energi listrik yang tidak sebanding dengan ketersediaan kapasitas genset dapat menyebabkan genset mudah mengalami kerusakan. Selalu sediakan suku cadang untuk mengganti sparepart yang rusak.
  4. Jangan sampai salah beli, banyak variasi tipe dan seri dengan merk yang sama, namun memiliki bentuk atau ukurannya yang berbeda. Pahami dengan baik detail genset dan suku cadang seperti apa yang dibutuhkan untuk dilakukan penggantian. Sebagai persiapan, bawa contoh produk ke agen resmi supaya mendapatkan yang sama persis seperti aslinya. 
  5. Perhatikan harga suku cadang yang ada, tidak disarankan asal langsung membeli ketika mengetahui suku cadang tersebut ditawarkan dengan harga murah, apalagi jika cenderung tidak masuk akal. Lakukan riset harga sebelum membeli supaya mengetahui harga produk aslinya dan bisa membandingkan harga beserta kualiatas yang ditawarkan antar agen/toko.
  6. Beli yang berkualitas, tips nya adalah, kamu tidka perlu khawatir jika harga yang ditawarkan sedikit mahal, yang paling penting adalah produknya asli dan berkualitas, sehingga dapat meminimalisur genset mengalami kerusakan dini.

Itulah cara mencari suku cadang genset dengan baik. Segera cek produk-produk yang kamu butuhkan hanya di website Gokomodo Corporate Commerce, terjamin keasliannya dan tentunya berkualitas!! Kamu juga dapat menggali informasi terkait sewa genset pada artikel berikut, klik link- 8 Hal Yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Sewa Genset!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin