Diterbitkan 18 Aug 2023

5 Makanan untuk Jaga Kesegaran saat Cuaca Panas

Lifestyle
makanan jaga kesegaran

Belakangan ini, kabar mengenai cuaca panas yang ekstrem memang cukup meresahkan masyarakat. Tak hanya berpengaruh pada kegiatan pertanian saja, cuaca yang dipercaya sebagai dampak fenomena El Nino ini juga dapat menurunkan daya tahan tubuh. 

Untuk mengatasi hal itu, kamu perlu mengetahui apa saja makanan yang bisa membuat tubuh kembali segar. Penasaran? Berikut adalah beberapa makanan yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kesegaran selama cuaca panas.

Makanan jaga kesegaran atasi cuaca panas

1. Buah-buahan segar

Mengatasi cuaca panas dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan sebagai makanan jaga kesegaran yang mengandung air cukup banyak. Misalnya seperti semangka, melon, nanas, stroberi, serta aneka jeruk seperti jeruk nipis, jeruk bali, dan lemon.

Kandungan vitamin C pada buah-buahan tersebut akan meningkatkan penyerapan zat besi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Area gigi dan gusi juga dapat menjadi lebih sehat berkat kandungan vitamin yang sangat kompleks, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan vitamin K. 

2. Sayuran segar

Selain buah-buahan segar, kamu juga bisa mengonsumsi sayuran segar seperti kubis, mentimun, bayam, paprika, brokoli, kembang kol, dan tomat untuk membantu menyegarkan tubuh di musim panas. Tak hanya tinggi antioksidan, sayuran tersebut juga kaya akan serat dan vitamin, sehingga akan membantu penurunan kadar kolesterol serta menyehatkan jantung.

3. Kedelai

Saat cuaca panas, kamu bisa mengganti konsumsi daging yang melepaskan lebih banyak panas tubuh saat proses metabolisme dengan kedelai. Hal ini karena kedelai juga mengandung vitamin B, mineral, dan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Tempe dan tahu adalah contoh makanan dari kedelai yang mudah didapatkan.

4. Jagung

Saat cuaca panas, konsumsi jagung akan sangat dianjurkan untuk menjaga kesegaran tubuh. Kandungan mineral, serat, lutein, zeaxanthin, dan vitamin A, B, serta E pada tanaman ini akan membantu mengurangi risiko degenerasi makula yang secara umum menyebabkan kebutaan di usia tua.

5. Jamur

Makanan lain yang cocok untuk cuaca panas adalah jamur. Tak hanya rendah kalori, jamur juga mengandung tembaga, kalium, vitamin D, vitamin B, dan selenium yang mampu menjaga produksi sel darah merah. Selain itu, jamur juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi saraf, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat cuaca panas.

Demikian lima makanan yang biasa dikonsumsi saat cuaca panas. Agar lebih mudah, kamu bisa menanam beberapa jenis sayuran secara mandiri di rumah. Ketahui Jenis Tanaman yang Mudah Ditanam dan Cepat Panen di website Gokomodo untuk membantumu menyediakan bahan makanan!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin