Diterbitkan 16 Aug 2023

5 Manfaat Apel untuk Kesehatan Beserta Kandungannya

Lifestyle
manfaat apel

Apel merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi karena cara konsumsinya yang mudah. Apel dapat dimakan langsung dengan atau tanpa kulitnya. Buah apel termasuk dalam buah yang sering ditemui residu pestisida pada kulit buahnya. Meskipun demikian, apel tetap bisa dimakan langsung menggunakan tangan – Makan Buah Lebih Sehat dengan Menggunakan Tangan.

Mengkonsumsi buah apel dengan tangan tentu menyehatkan dan membawa banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh. Menariknya, apel menjadi salah satu buah yang tidak mengandung kolesterol dan lemak. Apel juga sangat menyehatkan tubuh karena banyak sekali mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Semua manfaat ini bisa dirasakan ketika pengolahan apel dengan cara yang benar, yaitu dimakan langsung dan tanpa ditambah dengan pemanis.

Apa saja manfaat apel untuk kesehatan?

  1. Mencegah pikun/alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang menyerang saraf dan menyebabkan kemampuan kognitif seseorang terganggu. Salah satu cara untuk mencegahnya yaitu dengan mengkonsumsi buah apel. Kandungan quercetin dalam apel dipercaya dapat mencegah alzheimer.

  1. Mencegah kanker

Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi, bisa menjadikan apel sebagai pencegah kanker. Namun, tidak semua kanker bisa dicegah dengan apel, ya. Jenis kanker yang bisa diatasi dengan makan apel seperti kanker lambung dan usus besar, serta kanker payudara dan paru-paru.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Vitamin dan mineral yang ada di dalam apel juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala. Apel membuat akar rambut menjadi lebih kuat, sehingga kesehatan rambut terjaga dan bebas dari kerontokan. 

  1. Mencegah kanker prostat

Kandungan quercetin tidak hanya berfungsi mencegah alzheimer, tetapi juga berfungsi untuk mencegah kanker prostat pada pria. Quercetin bekerja dengan cara menghambat sekresi dan pengaturan androgen/hormon sehingga kanker prostat bisa dicegah.

  1. Meningkatkan kesuburan pria

Antioksidan pada apel dapat menetralkan racun pada tubuh, sehingga produksi sperma bisa berjalan dengan baik. Selain itu menurut Red-fleshed apple anthocyanin extracts attenuate male reproductive system dysfunction caused by busulfan in mice dalam Frontiers in Nutrition, zat antosianin berperan meningkatkan mobilitas sperma. 

Banyak jenis apel yang bisa kamu makan sesuai dengan selera, ada apel fuji, envy, royal gala, pink lady, dan queen. Masing-masing jenis apel tentu memiliki rasa yang berbeda. Konsumsilah apel yang mudah ditemukan seperti apel fuji. Tertarik informasi lain seputar kesehatan? Baca artikel di website Gokomodo setiap hari, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin