Diterbitkan 7 Jul 2023

8 Manfaat Okra bagi Kesehatan Tubuh

Lifestyle
Manfaat okra

Okra merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari suku Malvaceae. Sayuran ini memiliki buah berwarna hijau mirip cabai dengan banyak lekukan dan bulu halus di permukaannya. Selain dikonsumsi sebagai makanan karena rasanya yang lezat, okra juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya. 

Jika kamu masih awam dengan manfaat okra bagi kesehatan tubuh namun ingin mulai mengonsumsinya, simak daftar manfaatnya di bawah ini terlebih dahulu, yuk!

Manfaat okra bagi kesehatan tubuh

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh  

Okra baik untuk konsumsi adalah kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan tersebut merupakan sumber antioksidan yang akan membantu melawan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Menurunkan Gula Darah  

Okra juga dikenal sebagai sayuran yang ramah untuk penderita diabetes. Kulit dan biji okra mengandung senyawa aktif yang merangsang sensitivitas terhadap insulin, sehingga akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah.  

3. Menjaga Tekanan Darah  

Selain mampu membantu menurunkan kadar gula darah, okra juga mengandung Kalium yang berperan besar dalam menjaga sirkulasi darah. Kandungan Kalium dalam okra juga dapat menjaga keseimbangan Natrium serta membantu mengendurkan pembuluh darah dan arteri.   

4. Menjaga Kesehatan Mata  

Kandungan nutrisi okra seperti vitamin A, beta karoten, dan lutein juga membantu menjaga kesehatan mata. Tak heran, okra dipercaya dapat menurunkan risiko katarak. 

5. Mengatasi Gangguan Lambung  

Okra dipercaya mampu mengatasi gangguan lambung. Pasalnya, okra mengandung senyawa anti perekat yang dapat mengikat permukaan bakteri penyebab sakit perut yang biasanya mengambang bebas di usus.

6. Menekan Nafsu Makan  

Apakah kamu ingin diet? Jika iya okra bisa menjadi pilihan menu yang tepat. Tingginya kandungan serat larut pada okra akan membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak akan terlalu banyak makan. 

7. Baik untuk Wanita Hamil  

Bagi wanita hamil, konsumsi okra juga sangat dianjurkan karena sayuran ini mengandung vitamin B9 atau folat. Konsumsi folat saat hamil akan membantu mencegah keguguran maupun cacat lahir.

8. Meredakan Stres  

Kandungan agen anti stres bernama adaptogen pada biji okra rupanya juga mampu membantu meredakan stres. Oleh karena itu, konsumsi okra sangat baik apabila kamu sedang merasa stres.

Menarik sekali bukan manfaat okra bagi kesehatan tubuh? Nah, tak hanya okra, kamu juga bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Konsumsi Jenis Teh Ini, lho! Penasaran apa saja? Baca artikel tersebut di website Gokomodo, ya! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin