Diterbitkan 3 Oct 2023

9 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Dalam Merawat Genset

Teknologi
merawat genset

Genset merupakan seperangkat alat atau generator set yang dapat digunakan sebagai alat pembangkit listrik guna menghasilkan daya listrik. Sama dengan teknologi lainnya, supaya dapat digunakan dengan optimal dan awet dalam jangka waktu yang lama, diperlukan merawat genset yang khusus dan tepat pada genset. Pahami lebih dahulu terkait mesin genset pada link berikut ini – 4 Manfaat Genset dalam Kehidupan Kita.

Sumber: teknikmart.com 

Cara Merawat Genset Dengan Pemeriksaan

Teknologi seperti genset akan cenderung cepat mengalami kerusakan jika tidak dilakukan perawatan dengan baik. Perawatan memiliki tujuan agar permasalahan atau kerusakan yang ditimbulkan dapat di atasi dan di cegah sedini mungkin. Untuk menghindari kekhawatiran tersebut, berikut merupakan cara merawat genset dengan benar:

1. Periksa Bahan Bakar, pastikan bahwa bahan bakar cukup sesuai dengan kebutuhan selama penggunaan. Selain itu, periksa badan tangki dan tutupnya secara berkala untuk menghindari terjadinya kebocoran, biasanya tangki yang bocor ditandai dengan bahan bakar yang tercium secara terus menerus dan area tangki terlihat berminyak.

2. Periksa Kabel-Kabel, pastikan kabel-kabel yang akan dicolokkan tidak ada yang hangus, terjadi korsleting atau tergigit tikus. Mungkin pencegahan tersebut merupakan hal kecil, akan tetapi dampaknya bisa saja menjadi besar karena hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan kamu akan mengalami kerugian.

3. Periksa Keadaan Aki Genset, untuk dapat menghasilkan supply listrik yang optimal, pastikan aki tidak dalam kondisi berkarat serta pastikan kabel atau koneksi tidak mengalami kelonggaran. Jika terlihat longgar, segera kencangkan kabel aki tersebut.

4. Periksa Seluruh Indikator Genset, permasalahan di dalam mesin biasanya akan terbaca pada indikator genset, sehingga pengguna mudah dalam mendapatkan informasi yang terjadi di dalam mesin. cek indikator mesin genset secara berkala untuk menjaga kondisi mesin tetap dalam kondisi yang prima. 

Cara Merawat Genset Secara Berkala

5. Simpan Genset di Area Kering, karena Genset menggunakan cairan yang mudah terbakar. Untuk keselamatan, pisahkan ruang minyak, bahan bakar ataupun air dengan genset. Sebelum disimpan atau digunakan, pastikan semua bagian mesin genset sudah di lap dan mengering sempurna. 

6. Bersihkan Genset sebelum dan setelah pemakaian, kotoran, minyak, dan air sangat penting dilakukan pembersihan secara berkala agar kinerja mesin genset tidak terganggu dengan keberadaan kotoran yang mengendap. Mesin Genset menjadi lebih awet cukup dengan lap mesin genset yang dilakukan 1x dalam satu minggu.

7. Panaskan Genset Secara Berkala

Meskipun genset hanya digunakan saat ada pemadaman listrik dari pusat atau saat ada acara-acara tertentu, genset harus tetap di panaskan secara berkala untuk mencegah terjadinya kerusakan dan menjaga kinerja mesin genset agar tetap optimal saat digunakan.

8. Perhatikan Sistem Pembuangan

Kesalahan pengisian bahan bakar atau kualitas udara kotor yang masuk ke dalam genset menjadi salah satu penyebab utama kerusakan pada sistem pembuangan genset. Hal tersebut ditandai dengan warna asap menghitam ataupun putih pekat dan jumlah gas pembuangan keluar sangat banyak dari biasanya. Maka dari itu, pastikan komponen sitem pembuangan dalam kondisi yang baik.

9. Ganti Sparepart Sesuai Waktunya, pastikan mengganti sparepart yang sudah aus agar kinerja mesin genset tetap prima. Pahami usia dan komponen apa saja yang harus diganti. Batas usia pemakaian genset yang baik diganti secara berkala dalam 6 bulan atau 1 tahun.

Sumber: hindapowerproducts.co.id

Jangan biarkan genset mengalami kerusakan, segera merawat genset secara berkala agar mesin genset awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apabila kamu sedang mencari genset yang baru yuk langsung saja kunjungi website Gokomodo Corporate Commerce, tersedia lengkap dan terjangkau!!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin