Diterbitkan 31 May 2023

Alasan Dibalik Peletakan Tandon Air di Ketinggian

Teknologi
tandon air

Kamu pasti pernah berpikir, mengapa tandon air seringkali diletakkan di bagian atas rumah atau di tempat tinggi lainnya? Nah, selain karena alasan keterbatasan lahan, peletakan wadah penampung air di area yang tinggi ini juga memiliki alasan lainnya.

Secara singkat, alasan peletakan di ketinggian memiliki maksud untuk memaksimalkan tekanan gravitasi. Dengan begitu, air yang ada di dalam tandon akan mengalir dengan baik ke area-area yang dikehendaki pemilik rumah.

Lebih dari itu, pemilik rumah juga tidak akan membutuhkan bantuan pompa atau listrik lagi, sehingga tagihan bulanan yang harus dibayarkan dapat berkurang cukup banyak. Apalagi daya listrik yang digunakan untuk pompa air tergolong cukup besar. 

Pada awalnya, peletakkan di ketinggian memang membutuhkan biaya yang lebih banyak. Baik dari segi pemasangan maupun dalam membuat sistem perpipaan. Namun meletakkan di ketinggian akan memiliki manfaat yang jauh lebih besar dalam jangka panjang.

Alasan meletakkan tandon air pada ketinggian

Kamu akan lebih hemat karena tidak perlu membayar biaya listrik yang membengkak akibat penggunaan pompa air berlebihan. Kamu juga terhindar dari biaya tambahan untuk memperbaiki pompa air yang rusak karena dari awal tidak menggunakannya. 

Agar dapat mengalir dengan baik, kamu perlu memperhatikan ketinggian tandon saat akan meletakkannya. Hal ini karena semakin tinggi tandon air diletakkan, maka aliran air juga akan semakin kuat. Dengan demikian, kamu bisa menempatkan tandon air hingga ketinggian maksimal 24 meter. 

Namun, aliran air yang kuat tidak hanya dipengaruhi oleh posisi tandon air saja, melainkan juga karena luas penampang pipa dan instalasi perpipaan yang benar. Oleh karena itu, kamu perlu memilih produk pipa yang tepat dan memahami Persiapan Sebelum Memasang Pipa Air sebelum membelinya untuk membuat sistem perpipaan di rumah. 

Nah, agar tidak salah pilih, kamu bisa membeli berbagai macam pipa sesuai kebutuhan melalui Gokomodo Corporate Commerce. Tak hanya mendapatkan produk-produk yang berkualitas, kamu juga akan mendapatkan harga terbaik. Tidak percaya? Kunjungi website kami sekarang dan buktikan!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin