Diterbitkan 11 Jul 2023

Alasan Kapasitas Oli Motor Tidak Sampai 1 Liter

Teknologi
kapasitas oli motor

Banyaknya jumlah oli dalam tangki motor tentunya mempengaruhi performa motor. Kekurangan oli bisa menjadi masalah pada mesin karena tidak adanya pelumas, sehingga rentan terjadi gesekan. Meskipun demikian, jumlah oli terlalu banyak tidak membuat performa jauh lebih baik Isi Oli Mesin Terlalu Penuh, Apa Saja Bahayanya? Jumlah oli yang cukup membuat performa motor menjadi optimal. 

Kapasitas oli motor yang sesuai

Kapasitas oli motor disesuaikan dengan besar kecilnya silinder oli. Rata-rata silinder oli motor berukuran 1 L. Tetapi seringkali pengisian oli hanya sebanyak 800 ml atau 0,8 L. Mengapa demikian?

Oli yang dijual di pasaran rata-rata sebanyak 0,8 L. Ada sejarah tersendiri mengapa oli yang dijual hanya 0,8 L. Silinder oli motor keluaran baru kebanyakan 0,8 L terutama kendaraan matic. Kapasitas silinder 0,8 L membuat jantung mekanisme motor bekerja lebih harmonis. 

Motor tahun keluaran lama memiliki kapasitas 1 L. Kebanyakan orang berpikiran sisa oli 200 ml dapat digunakan lagi pada kendaraan. Menggunakan oli yang sudah terpapar udara tidak baik untuk kendaraan dan kualitas oli menjadi berubah jika penyimpanannya tidak benar. Itulah sebabnya produsen oli membuat kapasitas oli menjadi 0,8 L. 

Ada beberapa pendapat mengenai kapasitas oli motor. Sebagian mekanik berpendapat kapasitas oli 0,8 L hanya saat belum terjadi turun mesin. Setelah turun mesin, pengisian oli pertama lebih banyak karena kondisi mesin yang masih baru. Ada juga kendaraan yang meskipun kapasitas silindernya 0,8 L tetapi pengisian oli tidak sesuai kapasitas dan bekerja optimal. Kembali lagi semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis motor. Konsultasikan pada mekanik mengenai hal ini. 

Sudah waktunya ganti oli motor tapi kamu malas pergi ke bengkel? Tenang, kamu bisa beli oli motor secara online melalui Corporate Commerce Gokomodo. Oli yang kami sediakan pastinya terjamin keaslian dan kualitasnya. Pengiriman terjamin aman karena kami bekerjasama dengan ekspedisi ternama. Jadi tunggu apa lagi, segera checkout oli motor di Gokomodo sekarang!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.