Diterbitkan 20 Feb 2024

Anak Kecil Juga Bisa! Inilah 5 Tips Mudah Cara Merawat Tanaman Hias

Tips / Tutorial
cara merawat tanaman

Seringkali, saat menanam tanaman hias, kita hanya fokus menjaga ketersediaan air dengan menyiramnya setiap hari. Padahal, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar tanaman dapat tumbuh lebih subur dan tetap hidup dalam jangka waktu yang lama. 

Tanaman hias membutuhkan nutrisi seimbang dan intensitas sinar matahari yang cukup. Selain itu, kondisi sekitar tanaman juga harus dipastikan terhindar dari gulma, karena dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan. Dengan demikian, kamu perlu menyimak beberapa cara merawat tanaman hias berikut ini agar tanaman milikmu tumbuh lebih subur!

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam merawat tanaman hias. Namun, kali ini Gokomodo akan membahas 5 cara merawat tanaman terbaik yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang.

1. Sediakan Sinar Matahari yang Cukup

Tanaman merupakan makhluk hidup autotrof atau bisa hidup dengan membuat makanannya sendiri. Proses pembuatan makanan ini dikenal dengan istilah fotosintesis, yakni pengubahan senyawa air dan karbon dioksida yang dibantu oleh cahaya matahari yang diserap oleh klorofil hingga menghasilkan senyawa glukosa.

Nah, dari penjelasan di atas, maka kebutuhan akan sinar matahari harus tercukupi agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Namun demikian, kebutuhan sinar matahari pada tanaman hias yang berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan tentunya berbeda. Oleh karena itu, lakukan riset berdasarkan jenis tanaman hias yang kamu tanam secara lebih spesifik.

2. Lakukan Penyiraman dengan Tepat  

Telah disinggung sebelumnya bahwa sebagian dari kita hanya berfokus dalam menyediakan air saat menanam tanaman hias. Padahal, penyiraman ini juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan, mengingat setiap tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda.

Penyiraman harus dilakukan secara tepat karena tanaman yang kekurangan air akan kering, sedangkan tanaman yang kelebihan air akan membusuk. Nah, agar penyiraman yang kamu lakukan bisa sesuai, kamu perlu melakukan riset mendalam mengenai jenis tanaman hias yang kamu tanam.

Namun, jika kamu tidak ada waktu, kamu bisa mengikuti skema penyiraman secara umum dengan menyiram tanaman setiap satu atau dua kali seminggu. Selain itu, hindari penyiraman pada siang hari karena air akan lebih cepat menguap sebelum berhasil diserap oleh tanaman. 

3. Gunakan Pupuk Terbaik

Agar nutrisi tanaman bisa terpenuhi dengan baik, maka kamu perlu menyediakannya melalui pemupukan yang tepat. Selain tepat secara dosis, kamu juga perlu memberikannya dengan cara yang tepat agar unsur hara yang terkandung dalam pupuk dapat diserap tanaman hias secara optimal.

Kamu bisa menggunakan pupuk organik seperti kompos untuk pemupukan awal. Tak hanya itu, berikan juga pupuk kandang dan pupuk NPK untuk memenuhi kebutuhan unsur Nitrogen, Phospat, dan Kalium yang sangat baik pada masa pertumbuhan tanaman.

4. Jaga Kondisi di Sekitar Tanaman

Gulma seringkali tumbuh di sekitar tanaman hias. Oleh karena itu, selalu jaga kondisi di sekitar tanaman untuk mencegah terjadinya persaingan menyerap unsur hara. Selain itu, pertumbuhan gulma juga dapat menjadi perantara penyakit atau penyebaran hama.

Selain mencabut gulma secara manual, kamu juga bisa menggunakan insektisida untuk mencegah datangnya serangga pengganggu. Jika kondisi di sekitar tanaman bersih dan terawat, maka pertumbuhan tanaman hias milikmu juga akan jauh lebih subur.

5. Selalu Komitmen Merawat Tanaman

Dari segala cara merawat tanaman hias yang ada, semuanya harus dilakukan dengan komitmen yang kuat. Sebab, perawatan ini tidak hanya dilakukan satu kali saja, melainkan harus dilakukan secara rutin.  Buatlah jadwal perawatan agar kamu tahu kapan saja waktu yang tepat untuk merawat tanaman. Dengan begitu, tanaman hias akan jauh lebih subur dan bisa hidup dalam jangka waktu yang lama.

Itu dia 5 cara merawat tanaman hias yang bisa kamu ikuti. Jika kamu tertarik untuk mulai menanam di rumah, cobalah Hiasi Rumah dengan Tanaman Sukulen Menarik agar suasana semakin indah. Selamat mencoba!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin