Diterbitkan 9 Jun 2023

Apa Saja Aset Yang Paling Bernilai Bagi Kelapa Sawit

Agri Edu
Aset bernilai kelapa sawit

Budidaya kelapa sawit perlu penanganan yang baik dan benar terutama pada panen. Panen kelapa sawit banyak hal yang harus diperhatikan, seperti halnya pemanen, pusingan panen 7 hari, dan sapta disiplin potong buah, semua hal diatas disebut aset penting kelapa sawit.

Petani harus menjalankan perihal diatas agar panen menjadi maksimal. Banyak petani yang perlu dibimbing agar mengetahui karena keberhasilan panen merupakan tanggung jawab bersama yang menjalankan. Yuk simak lebih lengkap aset penting kelapa sawit.

Aset penting kelapa sawit

Pemanen

Aset pertama yang perlu diketahui adalah pemanen. Pemanen merupakan karyawan yang bertugas untuk mengevakuasi TBS di sekitar pohon menuju tempa pengumpulan hasil (TPH). Dengan ada pemanen membantu pekerjaan semakin mudah untuk dibawa ke pabrik yang kemudian akan diolah.

Pemanen perlu dikelola dengan baik dan perlu diajarkan sesuai standar operasional (SOP) potong buah sehingga mampu bekerja secara maksimal. Atasan pemanen akan turut andil dalam membimbing pemanen menjadi pekerja yang berkualitas.

a. Pusingan Panen 7 Hari

Pusingan panen merupakan pusat pekerjaan panen. Hasil panen kelapa sawit akan berasal dari pusingan panen yang dikelola oleh pemanen. Pusingan panen 7 hari, apabila berjalan dengan baik maka hasil TBS tidak akan membusuk yang merupakan looses yang besar.

Dalam pelaksanaan pusingan harus dijaga ketat agar bisa 7 hari agar tidak kelebihan atau kekurangan tenaga kerja. Apabila pemanen sampai panen yang mentah maka akan dikenakan denda oleh asisten dan mandor yang berjaga.

b. Sapta Disiplin Potong Buah

Ada 7 sapta pemotongan buah yang harus dipatuhi pemanen yaitu:

1. Buah matang panen dipotong seluruhnya

2. Buah mentah 0 persen

3. Pelepah sengkleh tidak ada

4. Pelepah disusun rapih digawang mati

5. Brondolan dikutih seluruhnya

6. Buah dan brondolan disusun rapih

7. Administrasi diisi dengan benar dengan tepat waktu

itulah aset penting tanaman kelapa sawit yang perlu kamu ketahui. Jika kamu sedang mencari kebutuhan untuk tanaman sawit milikmu, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah melalui Gokomodo. Rekomendasi artikel: Yuk Intip Unsur-Unsur Pupuk yang Paling Baik untuk Tanaman Sawit!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin