Diterbitkan 15 Sep 2023

Apa Saja Bahan untuk Membuat Pupuk Fosfat Alami?

Tips / Tutorial
pupuk fosfat alami

Secara umum, pupuk fosfat merupakan pupuk dengan kandungan Fosfor yang lebih dominan daripada kandungan Nitrogen, Kalium, ataupun unsur hara lainnya. Pupuk ini bisa dibuat dari berbagai macam sumber, baik yang melalui proses kimiawi maupun langsung dari bahan-bahan alami. 

Fosfor sendiri merupakan komponen yang menyusun beberapa enzim, protein, ATP, RNA, dan DNA. ATP memiliki fungsi untuk proses transfer energi, sementara RNA dan DNA akan menentukan sifat genetik tanaman. Selain itu, unsur P juga berperan pada tahap pertumbuhan benih, akar, bunga, dan buah. 

Lebih lanjut, Fosfor juga membantu memperbaiki struktur perakaran sehingga akan membuat daya serap nutrisi menjadi lebih baik. Tak hanya itu, bersama dengan Kalium, Fosfor juga dapat merangsang pembungaan sehingga kebutuhan tanaman terhadap unsur ini akan meningkat saat tanaman akan berbunga.

Ciri Tanaman Kekurangan dan Kelebihan Pupuk Fosfat

Sebelum membahas mengenai apa saja sumber pupuk fosfat alami, perlu kamu ketahui bahwa tanaman dapat menunjukkan gejala saat kekurangan ataupun kelebihan unsur Fosfor. Berikut adalah ciri-ciri yang perlu kamu perhatikan dengan baik.

Dalam kondisi kekurangan unsur P, daun tua pada tanaman akan menjadi berwarna keunguan cenderung kelabu. Bagian tepi daun juga menjadi berwarna cokelat, diikuti dengan tulang daun muda yang berwarna hijau gelap. Lebih dari itu, pertumbuhan daun akan semakin kecil, kerdil, dan akhirnya rontok. Fase pertumbuhan tanaman pun melambat dan tanaman menjadi kerdil.

Sementara itu, dalam kondisi kelebihan unsur P, penyerapan unsur hara lainnya akan terganggu. Misalnya penyerapan unsur mikro seperti besi (Fe), tembaga(Cu), dan seng (Zn). Akan tetapi, gejala kelebihan unsur P ini tidak dapat terlihat secara fisik pada tanaman. 

Tanaman Sumber Pupuk Fosfat Alami

Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat mumpuni. Dengan pengetahuan yang cukup, kamu dapat menggunakan bahan-bahan di sekitar yang mengandung unsur Fosfor untuk membuat pupuk fosfat alami agar tanaman cepat tumbuh. Berikut adalah ulasan mengenai beberapa tanaman yang bisa kamu gunakan.

a. Pohon Pisang

Salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk fosfat alami adalah pohon pisang. Tanaman ini memiliki kadar unsur P yang tinggi sehingga sangat cocok dijadikan bahan pembuatan pupuk alami.

Sumber: iStock

Tak hanya kaya akan kandungan Fosfor dan Nitrogen, batang pisang juga mengandung zat yang dapat  merangsang fotosintesis untuk penghijauan daun. Zat tersebut juga berguna untuk merangsang munculnya berbagai mikroba yang bermanfaat di dalam tanah.

Untuk menggunakan batang pohon pisang sebagai pupuk fosfat alami, kamu hanya perlu memotong batang pisang menjadi bagian yang kecil-kecil. Fungsinya adalah untuk mempercepat proses fermentasi.

b. Daun Kelor

Tanaman lain yang bisa digunakan adalah daun kelor. Daun dari tanaman kelor ini mengandung unsur P yang sangat kaya, sehingga sangat tepat apabila digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk fosfat alami.

Daun kelor juga diklaim mengandung zat yang mampu merangsang pertumbuhan tanaman. Baik dari perkecambahan biji, pertumbuhan, hingga memasok nutrisi untuk tanaman pada fase pembuahan.

Keberadaan nutrisi dan senyawa pada tanaman kelor sangatlah melimpah. Tak heran, tanaman ini dikenal sebagai pohon kehidupan karena memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. 

c. Bawang Putih

Siapa sangka jika bawang putih juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk fosfat alami. Kandungan unsur P pada bawang putih akan membantu meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit, memperkuat pertumbuhan batang, dan membuat produktivitas semakin optimal. Selain itu, tanaman ini juga mengandung Kalsium dan Kalium yang cukup tinggi.

d. Buah Pisang

Tak hanya batangnya saja yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk fosfat alami, buah pisang rupanya juga bisa digunakan untuk menyuplai unsur Kalium yang sangat tinggi. Hal ini karena kandungan Kalium dalam buah pisang mencapai sekitar 42 persen, yang merupakan kandungan Kalium tertinggi dalam jenis buah-buahan.

Buah pisang dapat digunakan sebagai sumber energi untuk mikroba dalam proses fermentasi ketika dicampurkan dengan air gula merah. Sedangkan sebagai bahan probiotik, buah pisang dapat dicampuri serum BAL Forte (Bakteri Asam Laktat).

Pupuk fosfat alami memang sangat membantu apabila harga pupuk fosfat buatan pabrik sedang tinggi-tingginya. Oleh karena itu, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untukmu. Jika kamu ingin tanaman tumbuh subur dan berbuah lebat, simak artikel Tanaman Berbuah dan Berbunga Banyak Berkat Pupuk Fosfat Cair hanya di Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin