Diterbitkan 8 Aug 2023

Apa Saja Pupuk Wajib Kelapa Sawit? Simak Selengkapnya!

Agri Edu
pupuk wajib kelapa sawit

Banyak yang mengatakan bahwa salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan hasil produksi pertanian adalah melakukan pemupukan secara tepat. Selain harus tepat waktu dan tepat jenis pupuk yang digunakan, pemupukan tentunya harus dilakukan sesuai dosis yang dianjurkan – 4 Rekomendasi Waktu Pemberian Pupuk Tanaman

Dalam industri kelapa sawit, dikenal 5 jenis pupuk wajib yang biasa digunakan untuk meningkatkan produksi buah. Adapun penjelasan mengenai kelima jenis pupuk wajib tersebut dapat kamu baca pada artikel berikut ini.

Pupuk Wajib Kelapa Sawit

1. Pupuk Organik

Jenis pupuk yang wajib digunakan oleh para petani kelapa sawit adalah pupuk organik. Jenis pupuk ini dapat diperoleh dari produsen pupuk dengan berbagai merk dagang maupun dari hasil pembuatan sendiri melalui kegiatan fermentasi.  Penggunaan pupuk organik yang memiliki sejumlah mikroba baik akan membantu merangsang pertumbuhan akar tanaman.

2. Pupuk Kalium

Unsur Kalium juga dikenal memiliki manfaat bagi pertumbuhan tanaman kelapa sawit. Penggunaan pupuk jenis ini akan merangsang pertumbuhan bunga dan buah, bahkan dari fase-fase generatif tanaman. Dari banyaknya jenis pupuk Kalium, kamu bisa menggunakan merk MOP ataupun KCL. 

3. Pupuk Mikro

Pupuk mikro juga menjadi salah satu pupuk wajib yang harus diberikan petani. Jenis pupuk ini sangat mudah ditemukan di pasaran karena memiliki banyak merek dagang. Pupuk mikro juga dipercaya dapat membantu menentukan kualitas buah kelapa sawit yang akan dihasilkan. Meskipun hanya digunakan dalam jumlah yang kecil, namun pupuk jenis ini sangat membantu perkembangan kelapa sawit.

4. Pupuk Fosfor

Unsur lain yang juga dibutuhkan tanaman kelapa sawit adalah Fosfor. Meski hanya dibutuhkan sedikit, namun dampak dari kekurangan unsur ini akan membuat tanaman menjadi tidak sehat dan tidak produktif. Pupuk ini akan merangsang pertumbuhan bunga dan buah dengan cara membentuk bintik-bintik di akar kelapa sawit. Di pasaran, kamu bisa menemukan pupuk ini pada pupuk TSP dan SP36.

Pentingnya penggunaan pupuk ini dapat dilihat dari dampak kekurangan unsur fosfor pada tanaman. Mulai dari daun tua yang menjadi keunguan cenderung kelabu, pertumbuhan daun yang kecil, dan tanaman kelapa sawit menjadi kerdil. 

5. Zat Pengatur Tumbuh

Terakhir adalah penggunaan zat pengatur tumbuh (ZPT). Pupuk jenis ini merupakan bagian penting yang digunakan untuk berbagai hal, mulai dari merangsang pertumbuhan pucuk dan merangsang pembungaan.

Itu dia lima jenis pupuk wajib yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas buah kelapa sawit. Dapatkan produk pupuk berkualitas di Gokomodo dengan harga terbaik sekarang, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin