Diterbitkan 28 Aug 2023

Apa Saja Tanaman Penutup Tanah di Perkebunan Kelapa Sawit?

Agri Edu
tanaman penutup tanah

Tanaman penutup tanah sangat dibutuhkan di beberapa lahan perkebunan, tak terkecuali pada perkebunan kelapa sawit. Tumbuhan yang ditanam secara khusus di lahan perkebunan inu berfungsi untuk memperbaiki sifat fisik dan kimia tanah, serta mencegah terjadinya kerusakan tanah. 

Tidak semua tumbuhan bisa digunakan sebagai tanaman penutup tanah karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Beberapa syarat tumbuhan sebagai tanaman penutup tanah akan dijelaskan dalam artikel berikut ini.

Syarat Tanaman Penutup Tanah

Ada beberapa syarat utama yang harus dipenuhi sebelum menentukan suatu tumbuhan layak digunakan sebagai tanaman penutup tanah. Syarat tersebut antara lain, tanaman memiliki masa pertumbuhan yang cepat dan tidak menjadi pesaing bagi tanaman utama. 

Selain itu, tanaman juga harus mampu bersaing dengan gulma, serta memiliki tajuk yang rapat dan rimbun. Lebih lanjut, tanaman penutup tanah bukanlah tanaman yang bisa menjadi inang bagi hama dan penyakit tanaman. 

Contoh Tanaman Penutup Tanah

Diantara banyaknya tanaman, contoh tanaman yang memenuhi persyaratan di atas adalah tanaman leguminosa atau kacang-kacangan. Tanaman ini sengaja ditanam untuk menutupi tanah dan memperbaiki sifat tanah sehingga dikenal sebagai Legume Cover Crop (LCC). 

Pemilihan tanaman kacang-kacangan tentunya bukan tanpa alasan. Dilihat dari perakarannya, tanaman ini memiliki akar serabut yang mudah dicabut. Hal ini tentunya tidak akan meninggalkan sisa akar yang dikhawatirkan mengganggu tanaman utama.

Selain itu, akar tanaman kacang-kacangan juga dapat bersimbiosis dengan bakteri Rhizobium guna membentuk bintil akar. Rhizobium merupakan bakteri yang berperan dalam pengikatan Nitrogen dari udara, sehingga akan meningkatkan kandungan Nitrogen dalam tanah.

Pertimbangan lain mengapa kacang-kacangan dipilih sebagai tanaman penutup tanah adalah pertumbuhannya yang sangat cepat. Dengan begitu, proses penutupan lahan akan membutuhkan waktu yang relatif singkat. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mudah diperbanyak, baik secara vegetatif maupun generatif. 

Menariknya lagi, tanaman kacang-kacangan juga tahan terhadap kekeringan, hama, maupun penyakit. Ketahanan yang cukup tinggi ini membuat proses peningkatan kesuburan tanah berjalan lebih cepat, apalagi  daun-daun yang rontok juga meningkatkan kandungan bahan organik untuk kesuburan tanah.

Adapun beberapa contoh tanaman yang termasuk bagian dari Legume Cover Crops adalah Centrosema pubescens, Pueraria javanica, Calopogonium mucunoides, dan Mucuna bracteata.

Fungsi Legume Cover Crops 

Membahas mengenai fungsi, Legume Cover Crops memiliki fungsi untuk menekan pertumbuhan gulma. Selain itu, LCC juga berperan sebagai pelindung tanah dari paparan sinar matahari dan rintikan air hujan secara langsung. Dengan begitu, kelembaban tanah pada lahan akan terjaga.

Sebagai penutup tanah, tanaman kacang-kacangan juga mampu mengurangi aliran permukaan hingga mempengaruhi terjadinya proses hidrologi tanah untuk mencegah erosi. Lebih jauh, tanaman ini juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan karbon dan meningkatkan laju infiltrasi tanah.

Sebagai tambahan informasi, penanaman Legume Cover Crops secara umum dilakukan pada awal proses rehabilitasi tanah. Hal ini karena Legume Cover Crops memiliki peran penting dalam proses suksesi primer. Adapun sistem perakaran Legume Cover Crops yang cepat menyebar juga akan mempercepat proses perbaikan lahan.

Keberadaan Legume Cover Crops juga dapat menciptakan lingkungan mikro, mencakup keadaan tanah dan iklim, yang jauh lebih baik bagi tanaman lain yang berada di atasnya. Dengan begitu, tanaman utama yang dalam hal ini adalah kelapa sawit dapat tumbuh secara lebih optimal.

Tak heran, di berbagai perkebunan kelapa sawit maupun komoditas tanaman lainnya, Legume Cover Crops seringkali ditanam secara sengaja untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman budidaya serta meningkatkan produktivitas.

Demikian sekilas informasi mengenai Legume Cover Crops yang berfungsi sebagai tanaman penutup tanah di lahan perkebunan kelapa sawit. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar kelapa sawit dengan menyimak berbagai artikel di website Gokomodo.
Kamu bisa mendapatkan informasi seputar bagaimana cara pemupukan yang tepat, cara mengatasi hama dan penyakit tanaman, hingga mengetahui update terkini perkembangan teknologi. Salah satunya seperti Inilah Pemanfaatan Kelapa Sawit Yang Tidak Ada Limbahnya! Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.