Diterbitkan 11 Aug 2023

Apakah Berbahaya Konsumsi Sayuran Goreng?

Lifestyle
sayuran goreng

Banyak orang yang menyukai sayuran goreng karena cita rasanya yang lebih nikmat. Sayangnya, mereka lupa bahwa ada bahaya yang mengintai dibalik kelezatan sayur goreng yang dikonsumsi secara terus menerus. 

Bahaya sayur goreng ini memang tidak muncul seketika. Sehingga, kamu perlu berhati-hati dalam memilih makanan apa saja yang akan masuk ke dalam perut. Berikut adalah fakta mengenai sayuran goreng yang perlu kamu waspadai.

Apakah Konsumsi Sayuran Goreng Berbahaya?

Konsumsi sayuran goreng akan menyerap lebih banyak minyak. Dalam hal ini, menggoreng diartikan sebagai teknik memasak dengan menenggelamkan bahan makanan ke dalam minyak (deep fried), bukan menumis atau menggoreng dengan sedikit minyak.

Risiko kesehatan yang disebabkan metode deep fried tentunya akan lebih besar daripada menumis. Hal ini karena sayuran yang dimasak secara deep fried akan lebih banyak menyerap minyak selama proses pematangannya. 

Penyerapan minyak jahat yang mengandung banyak lemak trans ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Hal ini karena lemak trans akan meningkatkan jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh yang membuat risiko terkena penyakit jantung menjadi lebih besar.

Lebih lanjut, konsumsi sayuran goreng yang menyerap banyak minyak juga akan meningkatkan risiko penyakit lainnya. Seperti misalnya obesitas, diabetes tipe 2, serta tekanan darah dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, sayuran yang digoreng juga akan membentuk senyawa akrilamida, yakni reaksi antara asam amino yang terkandung di dalam makanan dengan gula. Senyawa kimia ini akan terbentuk apabila bahan makanan dimasak pada temperatur yang tinggi seperti saat menggoreng sayuran.

Lebih berbahaya lagi, berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Frontier in Nutrition di tahun 2018, menyatakan bahwa makanan yang terbukti mengandung senyawa akrilamida akan bersifat karsinogen atau bisa menyebabkan kanker pada tikus percobaan.

Meskipun belum terbukti selalu menjadi penyebab kanker pada manusia, namun pendapat dari American Cancer Society, kemungkinan sayuran goreng yang mengandung senyawa akrilamida menjadi karsinogen tetaplah ada. Terutama untuk sebagian orang dengan kondisi kondisi kesehatan yang kurang baik. 

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa konsumsi sayuran goreng memiliki bahaya yang sangat besar terhadap kesehatan tubuh. Daripada merusak tubuh dengan kenikmatan sementara, lebih baik mulai Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Konsumsi Jenis Teh Ini. Apakah informasi di atas menarik? Jika kamu menyukainya, segera kunjungi website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.