Diterbitkan 17 May 2024

Aplikasi Mudah Dan Efektif dengan Pupuk KNO3 Cair

Agri Edu
Pupuk KNO3 Cair

Kebutuhan pupuk pada tanaman sama halnya kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Pupuk yang dibutuhkan pun beragam. Meskipun pupuk yang disubsidi oleh pemeritah hanya Pupuk NPK dan Pupuk Urea, tanaman memerlukan pupuk dengan nutrisi yang berbeda, seperti Pupuk KNO3. Biasanya Pupuk KNO3 cair digunkaan saat tanaman mendekati masa generatif atau pertumbuhan bunga dan buah. Lantas apa saja manfaat dan rekomendasi dari jenis pupuk ini?

Sumber: Adobe Stock

Sekilas Manfaat Pupuk KNO3 Cair

Pupuk KNO3 Cair terdiri dari kalium dan nitrogen yang cukup tinggi. Sehingga, baik digunakan untuk tanaman yang akan berbuah. Manfaat lain dari KNO3 Cair antara lain:

  • Membantu akar tumbuh lebih lebat dan kuat
  • Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit, hama, jamur, dan bakteri
  • Mencegah daun, bunga, dan buah rontok
  • Meningkatkan kualitas hasil panen, baik ukuran maupun rasa buah
  • Meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekeringan
  • Memicu pertumbuhan dan perkembangan fisiologis tanaman.

Manfaat tersebut akan diperoleh tanaman apabila diaplikasikan dengan tepat. KNO3 Cair sangat bagus untuk tanaman hortikultura dan tanaman lainnya. Bingung harus pakai pupuk KNO3 jenis apa? Yuk simak rekomendasinya berikut ini.

Pupuk Cair Super KNO3 Putih Free Chloride

Penggunaan pupuk SUPER KNO3 putih free chloride merupakan pupuk yang mengandung kalium nitrat atau juga dikenal dengan potasium nitrat dan tersedia dalam kemasan 1 liter. Pupuk SUPER KNO3 putih free chloride mengandung kalium dan nitrogen yang diperlukan oleh tanaman untuk menghasilkan makanan.

Pupuk KNO3 Cair New Wallet

Jenis KNO3 Cair New Wallet merupakan KNO3 yang tergolong baru saja dirilis. KNO3 Cair New Wallet terdiri dari nitrogen (15.8%), kalium oksida (46%), boron (2%), kalsium (201%, dan beberapa unsur hara mikro lainnya. Jenis KNO3 Cair New Wallet juga dilegkapi denga Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Baca manfaat ZPT pada artikel ZPT Pembesar Buah: Langkah Mudah Menuju Panen Melimpah.

Pupuk KNO3 Cair Merah New Wallet

Jenis KNO3 Cair Merah New Wallet menjadi salah satu KNO3 yang bebas klor sehingga dapat digunakan pada semua jenis tanah. KNO3 Cair Merah New Wallet terdiri dari nitrogen (17%), kalium (14%), boron (2%), kalsium (20%), tembaga (112 ppm), dan Zu (42%). Tentu saja KNO3 Cair Merah New Wallet juga unggul karena dilengkapi Zat Pengatur Tumbuh (ZPT). Pemberian pupuk ini cocok untuk tanaman hortikultura (apel, cabai, bawang, mentimun, dan masih banyak lagi), tembakau, kedelai, kopi, dan cokelat.

Pupuk KNO3 Gold Special Cair 

Jenis KNO3 Gold Special Cair merupakan salah satu KNO3 cair anorganik yang mengandung kalium nitrat dan zat perangsang pertumbuhan generatif. Yang membuat pupuk ini spesial yaitu tidak didapati kandungan klorin di dalamnya. Komposisi KNO3 Gold Special Cair terdiri dari nitrigen (13%), kalium(13%), kalsium (18%), dan boron (0,05%). 

Pupuk KNO3 Cair Primatonic

Jenis KNO3 Cair Primatonic menajdi salah satu KNO3 dalam sediaan cair yang diandalkan oleh petani. Komposisi KNO3 Cair Primatonic terdiri dari nitrogen (15,8%), kalium (46%), boron (2%), kalsium (20%), tembaga (112 ppm), dan zinc (42 ppm). Selain komponen utama tersebut, KNO3 Cair Primatonic juga dilengkapi dengan zat lemak (1,13%), zat organik (2,33%), zat perekat (2,05%), dan dilengkapi dengan zat pengatur pertumbuhan generatif. Perangsang tanaman yang digunakan terdiri dari asam indul asetat, nikotinik acid amide, dan beberapa vitamin lainnya. KNO3 Cair Primatonic cocok digunakan untuk tanaman hortikultura dan tanaman perkebunan lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi Pupuk KNO3 Cair yang bisa kamu beli di toko pertanian. Jangan lupa untuk membelinya di GokoMart terdekat, ya! Simak artikel seputar pupuk lainnya hanya di blog Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin