Diterbitkan 21 Jul 2023

Bagaimana Penanganan El Nino 2023 di Indonesia?

Agri Edu
El-Nino 2023

Setelah mengetahui apa saja Dampak El Nino bagi Pertanian Indonesia, jangan lupa untuk terus memantau perkembangan cuaca guna mengurangi dampak El Nino yang diperkirakan terjadi. Tak hanya petani sebagai pelaku utama, pemerintah juga dibutuhkan untuk memberikan informasi aktual guna mengambil keputusan yang tepat.

Penanganan El Nino 2023 di Indonesia

1. Pantau Kondisi Cuaca

Perkembangan cuaca harus terus dipantau guna meminimalisir dampak buruk El Nino. Pemerintah wajib memberikan peringatan dini terkait El Nino kepada seluruh masyarakat, sehingga para petani dapat sesegera mungkin mengatur jadwal penanaman, pemeliharaan tanaman, dan irigasi yang lebih efektif.

2. Diversifikasi Tanaman

Cara efektif lain yang bisa dilakukan petani adalah menanam berbagai jenis tanaman dalam satu waktu. Cara ini bisa membantu mengurangi risiko gagal panen total apabila ada satu jenis tanaman yang terkena dampak El Nino. Menanam varietas yang tahan terhadap kondisi kering atau panas juga dapat dipertimbangkan sebagai solusi.

3. Lakukan Konservasi Air

Kita ketahui bersama bahwa El Nino akan menyebabkan kekeringan, sehingga petani harus bersiap-siap dengan melakukan konservasi air. Dengan mulai menerapkan teknik irigasi yang efisien seperti tetes air atau irigasi berkebun tepat sasaran, serta mengumpulkan air hujan jika memungkinkan, konservasi air akan berjalan dengan optimal.  

4. Gunakan Teknologi dan Informasi 

Selain memantau cuaca secara konvensional, kamu juga bisa memanfaatkan teknologi dan informasi cuaca untuk membantu mengatasi dampak El Nino. Contohnya adalah melihat aplikasi cuaca untuk memantau perubahan cuaca dan menggunakan sensor tanah untuk mengukur kelembaban tanah.

5. Dukungan Lembaga Terkait

Tidak hanya mengandalkan dukungan dari pemerintah, dukungan dari lembaga terkait juga dibutuhkan petani dalam menghadapi dampak El Nino. Beberapa dukungan yang dibutuhkan, seperti pelatihan, bantuan keuangan, hingga bantuan teknis untuk mengelola pertanian berkelanjutan.

6. Manajemen Penyakit dan Hama

Langkah penanganan lain adalah memanajemen penyakit dan hama dengan tepat. Oleh karena El Nino dapat mempengaruhi penyebaran penyakit dan hama tanaman, penerapan praktik pertanian yang baik dan penggunaan pestisida yang efektif akan membantu meminimalisir kerugian yang terjadi.

Itulah beberapa upaya penanganan yang bisa dilakukan untuk menghadapi El Nino di tahun 2023 ini. Dengan memilih langkah-langkah yang tepat, produktivitas pertanian akan tetap terjaga sehingga ketahanan pangan akan tetap stabil. Kunjungi website Gokomodo untuk informasi menarik lainnya.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.