Diterbitkan 13 Sep 2023

Begini Cara Menghindari Pupuk KCL Palsu

Tips / Tutorial
Pupuk KCL Palsu

Maraknya pemalsuan pupuk seringkali terjadi saat menjelang musim tanam. Banyak oknum yang menjual pupuk palsu kepada para petani dengan iming-iming harga murah dalam jumlah banyak. Tak heran, banyak petani yang masuk ke dalam perangkap dan akhirnya mengalami kerugian yang besar. 

Meluasnya pupuk palsu yang tidak sesuai dengan standar komponen yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian tentu sangat merugikan para petani. Tak hanya membuat produktivitas kebun menurun, dampak negatif lain yang akan dirasakan adalah keterlambatan masa panen hingga terjadinya gagal panen.

Puapuk KCL Palsu

Selain pupuk NPK Palsu (tolong disisipi link artikel NPK palsu kemarin), kamu juga bisa menemukan berbagai produk pupuk KCL palsu di pasaran. Jika dibiarkan terus-menerus, petani yang tidak paham akan semakin dirugikan. Sebab, menggunakan pupuk palsu sama artinya dengan tidak memupuk tanaman sama sekali. 

sumber: IStock

Sebagai contoh di Provinsi Kalimantan Timur, penggunaan pupuk palsu rupanya berdampak pada penurunan pasokan tandan kelapa sawit. Jika biasanya angka ideal produksi kelapa sawit dari satu pabrik bisa mencapai 10.000 ha atau sekitar 20.000 ton per satu kali produksi, maka penggunaan pupuk palsu akan membuat rata-rata produksi ideal pabrik turun menjadi hanya 7000 ha per pabrik.

Dampak Negatif Pupuk KCL Palsu 

Membahas mengenai pupuk KCL palsu, pastinya akan ada dampak negatif yang menyertainya. Dampak negatif tersebut antara lain berkaitan dengan penurunan produktivitas dan terjadinya pengerasan tanah sehingga unsur hara tidak bisa terurai dengan baik.

Akibatnya, tanah di lahan pertanian menjadi rusak dan tidak dapat digunakan kembali. Pupuk palsu yang tidak diproduksi dengan bahan-bahan organik yang dapat menyuburkan tanah dan tanaman juga akan membuat pertumbuhan tanaman tidak optimal. 

Sebagai contoh, kepolisian Lampung Selatan berhasil menutup salah satu pabrik pupuk palsu yang berada di wilayah tersebut. Menurut pengakuan pelaku, pupuk palsu dibuat dengan menggiling pupuk asli dengan bahan-bahan lain, seperti garam, kapur, pewarna, dan batu bata yang sudah dihancurkan 

Cara Menghindari Pupuk KCL Palsu

Cara menghindari pupuk KCL palsu dapat dilakukan petani dengan lebih berhati-hati dan tidak tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oknum penipu. Selain itu, para petani, distributor, dan pengecer juga harus memperhatikan dan mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku. Hal ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2013 tentang penyaluran pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian.

Adapun beberapa ciri-ciri fisik yang menunjukkan bahwa suatu pupuk itu palsu adalah warnanya yang lengket di tangan, mudah hancur, lebih cepat padat, dan jahitan sak sebagai wadah pupuk yang kurang rapi. Namun kamu tidak cukup hanya dengan melihat ciri fisiknya saja, sebab beberapa oknum sudah cukup lihai membuat fisik pupuk palsu benar-benar mirip pupuk asli.

Berikut adalah beberapa upaya yang dapat kamu lakukan saat akan memeriksa keaslian pupuk:

  • Selalu gunakan pupuk yang sudah terdaftar oleh pemerintah.
  • Kandungan pupuk asli terlihat di karung atau kemasan pupuk. Hal ini karena kandungan-kandungan yang tertera di kemasan luar sudah sesuai dengan hasil uji laboratorium.
  • Pilih pupuk yang menampilkan logo “Pupuk Indonesia” didepan karung, dan tulisan “Pupuk Bersubsidi Pemerintah, Barang Dalam Pengawasan.”
  • Pilih pupuk yang mencantumkan nomor call center yang bisa dihubungi setiap saat, nomor standar SNI, Nomor Registrasi Produk, dan nomor izin edar di kemasan pupuk.
  • Untuk unsur KCl, pupuk asli secara umum akan berwarna merah, sedangkan pupuk palsu memiliki warna kuning. Selain itu, tekstur pupuk juga tidak mudah hancur dan jika dipencet juga tidak menimbulkan sakit.

Dari informasi di atas, para petani mau tidak mau harus cermat dan selektif dalam memilih pupuk. Membuat kesalahan dengan memilih pupuk palsu tidak hanya dapat merusak tanaman, namun lama-kelamaan juga akan mengganggu kesuburan lahan pertanian. Nah agar kamu tidak tertipu oleh oknum-oknum nakal saat akan membeli pupuk, kamu bisa membeli pupuk KCL berkualitas melalui Gokomodo. Yuk, kunjungi websitenya sekarang juga!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin