Diterbitkan 8 Jun 2023

Beginilah Cara Pasang Aki Mobil Dengan Benar

Teknologi
pasang aki mobil

Kendaraan mobil sudah jadi kebutuhan umum dalam bepergian baik ataupun dekat. Mobil memerlukan aki untuk menjalankan fungsi kelistrikan agar dapat berjalan. Aki adalah cadangan listrik utama yang bekerja memenuhi semua kebutuhan listrik di mobil. Aki yang bermasalah tentu akan sangat menghambat mobilitias kita berkendara.

Agar permasalahan aki tidak muncul dapat diatasi dengan mengganti aki mobil lama dengan aki baru. Jangan sampai karena sudah mogok terlebih dahulu baru mulai ganti, kamu bisa baca selengkapnya di artikel satu ini: Jangan Tunggu Mogok, Segera Ganti Aki Jika Kondisinya Begini. Ada 3 tahap dalam proses penggantian Aki mobil yang lama dengan yang baru, yaitu cara melepas aki lama, proses pembersihan karat dan cara pemasangan aki baru. Mari simak cara pasang aki mobil.

Cara pasang aki mobil baru

a. Lepas aki lama

Cara awal pemasangan aki mobil baru ialah melepas aki lama terlebih dahulu. Pertama, kamu harus membuka kap mobil lalu melepas kabel dan baut pada kutub negatif dan kutub positif. Cara ini dianjurkan agar tidak terjadi hubungan listrik arus pendek yang menyebabkan konsleting.

b. Pemasangan aki baru

Setelah kamu mendapatkan aki baru, kamu bisa mulai memasang aki dengan cara tegak lurus dari kedudukannya. Kemudian kamu bisa memasang kabel positif ke terminal positif dan kabel negatif ke terminal negatif. Hal ini dilakukan agar menghindari percikan arus listrik.

c. Pengecekan dan menyalakan mesin mobil

Setelah semua kabel dan klem terpasang dengan benar dan tidak ada yang kendor. Coba sekarang untuk menyalakan mobil dan tunggu beberapa hingga semua berjalan dengan normal. Apabila sudah 10-15 menit berarti mobil kamu sudah untuk menjalankan mobilitas sehari-hari

Jangan sampai terlambat untuk mengganti aki ketika sudah waktunya, karena mesin bisa rusak sehingga kendaraan sulit menyala. Selain itu juga dapat menyebabkan sistem kelistrikan pada kendaraan menjadi terganggu. Kamu bisa dengan mudah belanja online bisa membeli aki melalui Corporate Commerce Gokomodo pastinya aman dan terpercaya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.