Diterbitkan 31 Aug 2023

Berbagi Tips Memilih Durian Matang dan Aturan Konsumsinya

Lifestyle
bau durian

Durian menjadi buah yang digemari oleh kebanyakan orang yang hidup di negara tropis. Durian hanya dijumpai di negara tropis. Penggemar durian menciptakan musim tersendiri yang disebut musim durian. Banyak sekali penggemar durian menantikan datangnya musim durian. Durian hingga berbuah pada bulan Oktober hingga Desember setiap tahunnya. Selain, berbuah pada dua bulan tersebut, ternyata butuh waktu 8 tahun untuk menunggu buah durian berbuah terhitung dari waktu tanamnya. Nah, saat waktu panen tiba sebaiknya memilih durian dengan kematangan yang pas.

Tips Memilih Durian Matang

Durian matang memiliki rasa manis & legit yang khas. Selain rasanya yang manis legit, buah durian juga ada yang memiliki rasa pahit separti alkohol. Rasa buah durian tergantung jenis dan tingkat kematangannya. Untuk itu simak Cara memilih buah durian yang sudah matang berikut:

  1. Gores batangnya

Cara pertama untuk mengetahui kematangan durian dengan cara menggunakan jari untuk menggores batang durian. Apabila bagian yang tergores berwarna hijau, durian yang kamu pilih baru dipanen kurang dari 24 jam. Disarankan menggores batang hanya menggunakan jari, karena jika menggunakan pisau hasilnya tidak akurat

  1. Perhatikan aromanya

Durian terkenal dengan aromanya yang sangat kuat sehingga bisa dijadikan indikator kematangan dan rasanya. Sebaiknya mencium aroma durian dari bagian yang dekat dengan batang. Aroma segar menandakan rasa durian manis.

sumber: https://www.merdeka.com/
  1. Cermati bentuk buahnya

Bentuk durian yang bulat dipercaya memilki isi berwarna kuning dan jumlah lebih banyak. Durian yang memiiki bentuk melengkung mirip bulan sabit juga memilki daging lebih tebal, lembut, beraroma, dan manis. Buah durian yang tidak manis biasanya memilki bentuk lonjong sempurna.

  1. Timbang beratnya

Durian yang matang memilki berat yang cukup. Berat durian yang sudah mencapai waktu panen adalah berkisar 1,5-2 kg. Jika dirasa terlalu ringan bisa jadi durian belum matang dan sudah membusuk jika teralu berat.

  1. Ketuk buahnya

Selain terasa berat, durian yang sudah matang akan berbunyi seperti drum atau sesuatu yang padat dan berat ketika dipukul. Durian yang tidak bersuara ketika diketuk bisa jadi dalamnya berongga karena buahnya belum matang sempurna.

  1. Warna kulit

Buah durian matang memilki warna hijau dengan ujung cokelat. Durian yang berwarna hijau dapat dipastikan belum matang dan durian yang berwarna coklat sudah pasti terlalu matang.

  1. Bentuk duri

Tidak hanya kulitnya saja yang perlu diperhatikan, namun bentuk durinya juga menentukan matangnya durian. Durian dengan duri yang pendek menandakan durian tersebut sudah matang. Durian yang sudah matang juga memilki duri yang lebih lembut dan mudah terlepas dari kulitnya.

Siapa Saja yang Tidak Boleh Mengonsumsi Durian?

Meskipun rasanya enak dan unik, tidak semua orang boleh mengkonsumsi durian, loh. Siapa sajakah yang tidak boleh mengkonsumsi durian?

  • Orang yang obesitas

Kandungan kalori pada durian mempakan kalori makanan yang paling tinggi. Apabila durian dikonsumsi oleh orang obesitas, dikhawatirkan akan terjadi lonjakan berat badan yang terlalu tinggi. Penderita diabetes memiliki resiko terkena gangguan jantung dan pernafasan.

  • Pengidap diabetes

Rasa manis pada durian dipengaruhi oleh kadar gula yang tinggi. Kadar gula yang tinggi tentu berbahaya bagi penderita diabetes. Apabila penderita diabetes sengaja mengonsumsi durian, maka kadar gula dalam darah dapat melambung tinggi.

  • Ibu hamil

Sebenarnya boleh saja ibu hamil mengkonsumsi durian, asalkan dalam batas wajar. Menurut Baby Center, ibu hamil yang memiliki riwayat atau didiagnosa diabetes harus menghindari mengkonsumsi durian karena kandungan galanya yang tinggi.

Jaga Kesehatan Setelah Makan Durian

Durian bisa jadi berdampak tidak baik pada tubuh ketika dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat. Bisa saja manfaat durian yang seharusnya baik untuk tubuh, justru menyebabkan masalah baru. Untuk itu perlu menjaga kesehatan meskipun mengkonsumsi durian dengan cara:

  1. Pilih kematangan yang pas

Jika buah durian yang dipilih terlalu matang, maka kandungan gulanya sangat tinggi. Sebisa mungkin makan durian yang masih segar atau durian yang dibekukan agar kadar alkoholnya tidak terlalu tinggi. 

  1. Makan secukupnya

Memang rasa lezat durian membuat penggemarnya tidak bisa berhenti makan. Agar menjaga badan tetap sehat, batasi konsumsi durian maksimal dua buah per harinya.

  1. Jangan lupa minum air putih

Air putih bermanfaat untuk menahan keinginan makan durian terlalu banyak dan melancarkan sistem pencernaan. Air putih bisa digunakan untuk menetralkan efek alkohol dan gula berlebih saat mengkonsumsi durian.

Setelah membaca artikel ini, jangan sampai salah pilih durian, ya. Pastikan durian yang kamu konsumsi sudah matang sempurna. Tetap ingat untuk selalu jaga kesehatan saat menikmati lezatnya durian. Temukan artikel berisi tips kesehatan hanya di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin