Diterbitkan 31 Jul 2023

Berikut Aplikasi Pupuk Urea Secara Benar dan Tepat

Tips / Tutorial
aplikasi pupuk urea

Pupuk urea adalah salah satu jenis pupuk yang banyak digunakan petani. Pupuk urea dibuat dari gas amoniak dan gas asam arang. Persenyawaan kedua zat tersebut melahirkan pupuk dengan kandungan nitrogen (N) sebanyak 46%. Aplikasi pupuk urea dengan benar sangat penting untuk memastikan bahwa tanaman menerima jumlah nitrogen yang tepat untuk mendukung pertumbuhannya.

Berikut langkah aplikasi pupuk urea secara efektif:

a. Pilih waktu yang tepat

Pupuk urea biasanya diterapkan selama musim tanam ketika tanaman aktif tumbuh dan dapat memanfaatkan nitrogen secara efektif. Ini biasanya pada awal pertumbuhan tanaman.

b. Periksa cuaca

Periksa prakiraan cuaca terlebih dahulu sebelum aplikasi pupuk urea. Pemberian pupuk paling baik dilakukan saat akan turun hujan atau saat tanah sudah lembab untuk membantu pupuk larut mencapai zona akar tanaman.

c. Hitung jumlah dosis:

Jumlah pupuk urea yang perlu diaplikasikan tergantung pada jenis tanaman, tahap pertumbuhannya, dan kondisi tanah. Biasakan baca label paket pupuk atau konsultasikan dengan kantor penyuluh pertanian setempat untuk panduan tentang takaran aplikasi yang sesuai.

d. Pupuk harus merata

Sebarkan pupuk secara merata ke seluruh area. Jangan mengaplikasikan terlalu banyak di satu tempat, karena dapat menyebabkan tanaman terbakar atau pertumbuhan tidak merata.

e. Sirami area

Apabila hujan berkemungkinan tidak ada saat setelah aplikasi, kamu boleh siram sedikit area yang terkena pupuk untuk membantu larut dan pindah ke tanah di mana akar tanaman dapat menyerapnya.

f. Hindari kontak dengan tanaman:

Cobalah untuk menghindari pupuk urea langsung mengenai daun, batang, atau bunga tanaman, karena dapat menyebabkan daun terbakar. Jika tidak sengaja terjadi, bilas bagian tanaman dengan air untuk mengencerkan pupuk.

Itulah cara aplikasi pupuk urea dengan baik pada tanaman kamu. Ingatlah untuk mengikuti panduan keselamatan dan memakai alat pelindung yang sesuai, seperti sarung tangan dan masker, saat menangani dan menggunakan pupuk urea yang bisa kamu beli melalui Gokomodo Corporate Commerce!

Jangn lupa selalu simpan pupuk di tempat khusus penyimpanan dan aman jauh dari jangkauan anak-anak. Tertarik untuk budidaya tanaman? Kamu bisa baca- Ingin Budidaya Jagung Baby Corn? Begini Caranya!. Simak tips dan trik terbaru seputar agrikultur di Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin