Diterbitkan 6 Jun 2023

5 Cara Beli Ban Mobil Baru Untuk Kendaraanmu

Teknologi
beli ban baru

Setiap orang yang memiliki kendaraan bermobil berkewajiban untuk merawat ban mobil. Cara terbaik untuk merawat ban mobil, kamu bisa mulai dengan ikuti tips membeli ban mobil baru melalui artikel di bawah ini loh! Baca juga, Begini Cara Merawat Ban Mobil yang Benar, Dijamin Awet!

Hal ini penting untuk diketahui karena hanya pemilik atau pengendara yang tahu. Seberapa sering menggunakan jalan yang rusak, kamu harus bisa merasakan, kapan ban harus diisi angin, diganti dan sebagainya. Kenyamanan pengendara dan penumpang merupakan hal yang utama, ban harus sering-sering dicek dan dirawat.

Maka dari itu, penting untuk tahu cara beli ban baru yang benar, karena tidak semua pabrik bisa menghasilkan kualitas ban yang sama, dan pas dengan kendaraan yang kamu miliki. Kamu juga bisa minta tolong orang ahli dalam memilih ban mobil ataupun bisa membeli langsung di corporate commerce Gokomodo. Langsung saja intip informasi terkait cara membeli ban mobil baru.

Cara beli ban baru yang sesuai

1. Pilih Ban Mobil Sesuai Kebutuhan Pengguna

Tips membeli ban mobil baru yang pertama adalah pilih sesuai kebutuhan kamu sendiri. Medan berlumpur dan bebatuan, maka tipe ban yang cocok adalah M/T atau Mud Terrain. Selain itu, jika daerah rumah kamu adalah daerah langganan banjir, maka tipe All Terrain atau A/T-lah yang cocok. Namun, jika kamu menggunakan mobil hanya untuk berangkat ke kantor, maka bisa gunakan tipe H/T atau High Terrain.

2. Pilih Ban Sesuai Tipe/Jenis Mobil

Cara beli ban mobil baru yang satu ini, lebih menyesuaikan tipe atau jenis ban, dengan mobilnya. Setiap kendaraan atau mobil, pasti memiliki tipe dan ukuran bawaan sendiri dari pabrik. Kamu bisa melihat tipe atau jenis ban, diukir pada bagian plakat laci atau pintu. Jadi, ketika kamu ingin membeli ban mobil baru, kamu bisa lihat referensi tipe dan jenisnya, dari rekomendasi pabrikan.

3. Pilih Ban Mobil Sesuai Ukuran

Cara beli ban mobil baru yang berikutnya adalah pilih sesuai ukuran ban. Ukuran ban dapat diketahui melalui ukiran di permukaan samping ban. Caranya menerjemahkannya sangatlah mudah.

Contohnya, kode ban mobil kamu adalah 205/55 R16 91 V, maka cara membacanya adalah:

  • 205: Menunjukkan lebar telapak ban dalam satuan mm.
  • 55: Menunjukkan aspek rasio ketebalan ban, dalam persentase atas lebar tapaknya.
  • 16: Menunjukkan diameter velg yang dicantumkan, dalam satuan inci.
  • 91: Menunjukkan indeks beban maksimum.

4. Perhatikan Tahun Pembuatan Ban Mobil

Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara beli ban mobil baru, yang sangat penting.Caranya kamu bisa perhatikan kode ban, yang biasanya tertera empat digit angka, misalnya seperti kode 0313.

Arti dari kode tersebut adalah:

  • 03: Menunjukkan waktu dibuat ban, yakni di minggu ketiga.
  • 13: Menunjukkan pada tahun berapa ban itu diproduksi

Sehingga, kesimpulan dari kode 0313 adalah ban tersebut dibuat pada minggu ke–3 tahun 2013.

5. Merk Ban Mobil Terbaik

Cara beli ban mobil baru juga bisa kamu pilih berdasarkan merk ternama, yang paling direkomendasikan ahli, seperti merk-merk ban mobil terbaik, seperti GT Radial, Dunlop, Bridgestone, dan Yokohama. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan ban berkualitas di Corporate Commerce Gokomodo loh!

Sekian cara bijak yang dapat kamu pertimbangkan untuk beli ban baru. Penuhi semua kebutuhanmu di Corporate Commerce Gokomodo ya.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin