Diterbitkan 24 Nov 2023

Cara Memilih Aki Motor Matic dengan Tepat

Teknologi
aki motor matic

Aki motor matic merupakan salah satu spare part penting pada sepeda motor yang berfungsi sebagai alat vital berkaitan kelistrikan motor yakni sebagai penyuplai arus listrik untuk starter, penerangan atau lampu dan juga komponen lainnya. Aki motor yang sudah soak atau rusak harus segera diganti dengan yang baru. Ada dua jenis aki yang umum digunakan pada sepeda motor, yaitu aki kering dan aki basah. Aki basah berisi cairan asam sulfat (H2SO4), sedangkan aki kering mengandung gel yang berfungsi sebagai pengganti cairan elektrolit. 

Sumber : Yamaha Motor

Berikut merupakan beberapa hal yang perlu pertimbangan dalam memilih aki motor agar sesuai dengan kebutuhan. Simak penjelasan dibawah ini.

Kenali jenis aki motor matic.

Aki motor matic yang sering digunakan umumnya adalah aki kering, aki basah, aki kalsium, dan aki motor gel. Pertama, aki motor matic kering memiliki tingkat penguapan yang rendah dan menjadi standar sepeda motor matic. Selain itu aki motor kering tidak memiliki uap elektrolit sehingga penyimpanannya tidak harus di bagian samping, sehingga dapat disimpan di bagian motor mana saja, cukup aman karena diberikan segel khusus yang kuat.

Kedua, aki motor basah, dapat digunakan secara berulang-ulang dan memiliki harga yang lebih terjangkau daripada yang lainnya. Cairan aki motor yang sudah habis, dapat dilakukan isi ulang dengan cairan elektrolit yang berupa asam sulfat.

Ketiga, aki kalsium memiliki keuanggulan dalam kemampuan dan kualitasnya menyimpan arus listrik dari aki motor matic basah, serta  memiliki harga yang cukup terjangkau. Aki kalsium hanya dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan arus listrik motor. Meskipun motor tidak dinyalakan dalam waktu cukup lama, arus listrik pada aki tetap stabil tanpa ada pengurangan yang besar.

Keempat, aki motor gel memiliki keunggulan tidak mudah bocor serta meminimalkan korosi dan kerusakan body motor karena tidak lagi menggunakan elektrolit berupa cairan, tetapi menggunakan elektrolit berupa gel. Selain itu, masa pemakaian aki motor gel lebih lama, bahkan bisa dua kali lipat lebih lama dibandingkan jenis aki lainnya.

Cek kualitas aki motor

Alat khusus battery tester dapat digunakan untuk mengetahui tegangan dan arus yang dihasilkan. Namun, jika untuk sekadar mengetahui tegangan multimeter biasa dapat digunakan sebagai alat alternatif pengecekan kondisi aki. Kualitas aki motor matic dapat Anda ketahui dari cold cranking amperes (CCA) dan ampere hour (Ah).

Aki motor yang memiliki CCA tinggi umumnya memiliki kemampuan untuk mengeluarkan daya awal yang besar. Daya tersebut berguna untuk menyalakan mesin kendaraan. Sementara itu, pada aki motor menunjukkan kapasitas penyimpanan energi listrik. Jenis motor bebek, dapat memilih aki motor kapasitas 5 Ah sedangkan jenis motor motorsport, dapat menggunakan aki motor berkapasitas 10 Ah.

Sesuaikan dengan spesifikasi motor

Spesifikasi aki motor matic untuk jenis motor bebek dan sport tentu berbeda. Motor bebek pada umumnya menggunakan aki motor berspesifikasi 12 V/5 Ah. Artinya, komponen listrik pada motor bebek membutuhkan daya listrik sebesar 60 watt.

Di sisi lain, motorsport menggunakan aki motor matic 12 V/10 Ah. Artinya, motorsport membutuhkan daya listrik sebesar 120 watt. Penggunaan aki sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi motor. Jika aki yang Anda gunakan tidak sesuai dengan spesifikasi standar motornya, akibatnya bisa merusak beberapa komponen listrik di dalamnya. Kerusakan bisa terjadi pada komponen CDI, sepul pengisian, rectifier regulator (kiprok), bahkan akinya bisa cepat rusak.

Setiap jenis aki umumnya memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Kapasitas tersebut berhubungan dengan ukuran, dimensi, ampere, dan tegangan pada aki motor. Agar aki motor matic lebih awet, sebaiknya memilih aki motor dengan tegangan kecil. 

Bagaimana, sudah paham cara memilih aki motor matic? saatnya menemukan produk yang sesuai dengan keinginanmu hanya dengan mengunjungi website Corporate Commerce Gokomodo menjual berbagai merk oli berkualitas dengan harga terjangkau. Selain itu, kamu juga dapat menemukan informasi lainnya seputar Harga Oli Gardan, yuk segera kunjungi websitenya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin