Diterbitkan 10 Apr 2023

Cara Memilih Genset Berdasarkan Jenisnya

Teknologi
cara memilih genset

Genset merupakan sumber listrik cadangan yang dapat digunakan saat aliran listrik padam. Genset juga dapat digunakan sebagai sumber listrik untuk menyalakan peralatan yang memiliki daya tinggi seperti mesin las. Di pasaran terdapat beberapa jenis genset yang sering digunakan, yakni genset open, genset silent, dan genset portable.

Genset merupakan singkatan dari generator set. Alat ini biasanya digunakan di tempat yang tidak terjangkau oleh listrik seperti wilayah perdesaan dan area pertambangan. Genset juga sering digunakan di tempat yang aktivitasnya sangat bergantung terhadap listrik seperti fasilitas kesehatan.

Cara memilih genset berdasarkan jenisnya:

Genset silent, tidak mengeluarkan suara bising

Dilihat dari desainnya, genset silent memiliki penutup atau cangkang. Penutup tersebut biasanya terbuat dari besi dan diberi lapisan busa supaya bisa meredam suara yang dikeluarkan oleh genset. Umumnya genset silent digunakan untuk kebutuhan listrik cadangan industri menengah dan besar seperti pabrik, pusat perbelanjaan, dan rumah sakit.

Genset open, lebih mudah dalam perawatan

Berbeda dengan genset silent, genset open tidak memiliki penutup atau cangkang. Oleh sebab itu, genset ini biasanya disimpan di dalam sebuah ruangan kedap suara. Hal tersebut dilakukan agar suaranya tidak mengganggu lingkungan di sekitarnya.

Dari segi ukuran, genset silent juga memungkinkan untuk diangkat dan dipindah-pindahkan. Tak seperti genset silent yang proses penggunaannya diatur oleh pemerintah. Genset open dapat digunakan semua orang, baik untuk keperluan bisnis, produksi, maupun rumahan.

Genset portable, kecil dan praktis

Sebenarnya, genset portable dapat dikelompokkan ke dalam genset silent atau genset open. Namun, ukuran yang kecil membuat genset portable dianggap sebagai genset jenis lain. Genset ini biasanya dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan listrik dengan daya yang tidak terlalu besar. Bahkan, banyak masyarakat yang memanfaatkan genset ini untuk kebutuhan rumah tangga saat listrik padam.

Itulah sekilas informasi mengenai cara memilih genset berdasarkan jenisnya. Kamu bisa membaca artikel serupa yaitu Peran Teknologi dalam Meningkatkan Produktivitas Pertanian di Indonesia, baik di masa kini maupun di masa yang akan datang. Tertarik dengan informasi seputar genset? Ikuti perkembangannya di website Gokomodo Corporate Commerce, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.