Diterbitkan 7 Feb 2023

Ingin Memaksimalkan Produksi Kelapa Sawit? Begini Caranya!

Tips / Tutorial

Kelapa sawit banyak tumbuh di Indonesia dan dijadikan peluang bisnis sebagai sumber penghasilan. Tentunya banyak hal yang perlu diketahui agar dapat memaksimalkan hasil produksi pohon kelapa sawit. Cara menanam kelapa sawit yang kurang tepat dapat berpengaruh terhadap hasil produksinya. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui beberapa hal berikut:

1. Iklim yang tepat

Pohon Sawit memerlukan sinar matahari langsung selama 5-7 jam per harinya dan curah hujan setidaknya 1.500-4.000 mm per tahun sedangkan pada cuaca dengan angin yang tinggi, maka kecepatan sekitar 5-6km/jam dapat berpengaruh untuk penyerbukan.

2. Media tanam

Secara umum, tanah yang baik sebagai media tanam adalah tanah dengan aerasi yang baik dan dalam keadaan subur. Keadaan pH tanah perlu diperhatikan pada kisaran 4-6 dan jenis tanah yang cocok yaitu tanah yang mengandung lempung dan tidak berbatu. Sistem drainase pada tanaman sebaiknya pada kedalaman 80 cm di bawah permukaan tanah agar mendapatkan air yang cukup. 

3. Pemeliharaan bibit

Bibit dipelihara dengan cara penyiraman, penyiangan, penyulaman, dan pemupukan. Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore setiap harinya. Untuk menghilangkan gulma, perlu dilakukan penyiangan sebanyak dua kali dalam satu bulan.

Sementara penyulaman atau seleksi bibit dilakukan ketika bibit berusia 4-9 bulan. Bagian yang tak kalah penting yaitu pemupukan makro yang dilakukan sampai minggu ke-40 dan sebaiknya menggunakan campuran pupuk organik dan pupuk organik cair. 

4. Penanaman pada waktu yang tepat

Kelapa sawit ditanam pada musim hujan sehingga tersedia cukup air untuk bibit kelapa sawit. Ketika bibit sudah dimasukkan ke dalam tanah, sebaiknya segera diberi pupuk lalu timbun dengan tanah.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan, kelapa sawit memiliki varietas yang beragam dan cara tanam yang berbeda maka dari itu perlu penyesuaian terhadap varietas yang kamu pilih. Simak tips lainnya dari Gokomodo untuk mengetahui berbagai informasi mengenai perkebunan dan pertanian. Kunjungi sekarang juga, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.