Diterbitkan 11 Mar 2024

Catatan Penting Untuk Pengendalian Hama dan Penyakit dalam Budidaya Vanili

Agri Edu
Hama Penyakit Vanili

Vanili (Vanilla planifolia) merupakan salah satu tanaman bernilai jual tinggi yang berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini memiliki buah menyerupai kacang polong yang dapat menghasilkan bubuk dengan aroma harum dan manis, yang dikenal sebagai vanila.

Sama seperti budidaya tanaman lainnya, menanam vanili juga memiliki tantangan tersendiri. Hal ini karena ada beberapa hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman ini, bahkan hingga menyebabkan gagal panen. Untuk menambah kewaspadaan, simak jenis-jenis hama dan penyakit beserta cara pengendaliannya berikut ini.

Hama Tanaman Vanili 

Setidaknya ada sekitar empat jenis hama yang biasa menyerang tanaman vanili. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Penggerek Batang

Penggerek batang merupakan larva hama yang dapat merusak batang tanaman vanili hingga menyebabkan tanaman layu dan mati. Sebagai upaya pengendaliannya, kamu bisa menyemprotkan pestisida hayati.

  1. Bekicot

Bekicot juga menjadi hama vanili karena secara umum menyerang dan merusak bagian batang, bunga, dan buah di malam hari. Untuk mengendalikannya, kamu bisa mengambil satu persatu bekicot secara manual, lalu membakarnya dalam satu lubang.

  1. Ulat

Jenis ulat seperti ulat geni dan bulu jambul merupakan hama vanili yang biasanya merusak bagian pucuk, daun, batang, hingga bunga. Agar tanaman terhindar dari hama ini, lakukan pengendalian dengan cara menyemprotkan pestisida hayati ke seluruh bagian tanaman.

  1. Belalang pedang

Meski sudah mulai jarang dijumpai, namun belalang pedang tetap menjadi hama yang perlu diwaspadai. Hal ini karena mereka tidak hanya memakan daun muda, melainkan juga menggerogoti bagian batang vanili. Untuk itu, lakukan pengendalian dengan menyemprotkan pestisida hayati.

Penyakit Tanaman Vanili

Selain terserang hama, tanaman vanili juga menghadapi ancaman penyakit tanaman. Berikut beberapa penyakit yang perlu kamu waspadai dan cara pengendaliannya.

Sumber: Trubus
  1. Busuk batang

Penyakit ini disebabkan oleh jamur Fusarium batatatis dengan gejala awal munculnya bercak-bercak hitam pada batang secara melingkar. Bagian batang yang terserang akan berubah menjadi keriput, berwarna coklat dan mengering. Untuk mengendalikannya, kamu bisa mengurangi kelembapan dan membuat drainase yang baik.  

  1. Busuk akar

Selain busuk batang, vanili juga sering terserang penyakit busuk akar. Gejala yang terlihat antara lain tanaman mulai berwarna kecoklatan dan akar mulai menghitam. Adapun cara untuk mengendalikannya adalah dengan menjaga kesuburan tanah melalui pemberian kapur secukupnya, mengatur kelembapan, dan memberikan pemupukan yang tepat.

  1. Busuk pangkal batang

Penyakit lain yang menyerang tanaman vanili adalah busuk langkal batang yanv disebabkan oleh jamur Sclerotium sp.. Gejala yang bisa diamati seperti warna kecoklatan pada pangkal batang, serta munculnya misellium jamur di bagian tanaman terserang maupun di tanah sekitar. Sebagai upaya pengendalian, kamu bisa menggunakan bibit anti busuk pangkal batang dan melakukan penyemprotan campuran agen hayati berupa Tricoderma sp. dengan gula pasir.

  1. Antraknosa

Berikutnya adalah penyakit antraknksa yang disebabkan oleh jamur Calospora vanillae. Pada tanaman terserang, bagain batang, daun, hingga buah akan berwarna coklat muda kekuningan serta tampak licin. Adapun upaya pengendalian dapat dilakukan dengan memotong dan membakar bagian terserang, serta mengatur kelembapan dan drainase.

  1. Bercak coklat pada buah

Penyakit lainnya adalah bercak coklat pada buah yang disebabkan oleh cendawan Phytophthora sp. Penyakit ini menyerang buah vanili yang hampir masak dan ditandai dengan munculnya bercak-bercak berwarna coklat tua dan akhirnya membusuk. Sebagai upayan pengendalian, segera petik buah yang terserang lalu bakar di tempat yang jauh dari kebun. Lakukan juga penyemprotan fungisida hayati dengan dosis 1–2 sendok/10 liter air.

Itulah informasi mengenai hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman vanili. Dengan megetahui jenis-jenisnya, kamu akan lebih mudah saat akan melakukan upaya pengendalian. Baca informasi menarik lainnya seputar vanili, seperti 10 Hal Penting dalam Budidaya Vanili yang Perlu Kamu Tahu di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin