Diterbitkan 13 Jun 2023

Cegah Diabetes Secara Alami dengan Mengkonsumsi Jeruk

Lifestyle
jeruk untuk cegah diabetes

Penyakit gula, atau dikenal dengan diabetes, menjadi ketakutan bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, di Indonesia saja sudah terdapat 19,5 juta penderita diabetes melitus tipe 2 dengan rentan usia penderita 20-79 tahun. Dengan jumlah ini, Indonesia menduduki peringkat kelima negara dengan penderita terbanyak di dunia. 

Penyakit diabetes melitus tipe 2 (DM 2) disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Seseorang dapat dikatakan menderita penyakit DM 2 apabila memiliki kadar gula darah puasa lebih dari 126 mg/dL. Agar gula darah kembali normal, biasanya dokter menyarankan untuk mengontrol makanan dan rutin berolahraga. Salah satu cara menurunkan gula darah secara alami yaitu dengan mengkonsumsi jeruk – Ini Dia Cara Mudah Menanam dan Merawat Jeruk Manis

American Diabetes Association telah menobatkan jeruk sebagai buah-buahan yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga terhindar dari resiko DM 2. Jeruk memiliki banyak manfat yang terkandung serat, vitamin C, folat, dan potasium yang mampu membantu penderita diabetes mengkonsumsi serat. 

Bagaimana jeruk mencegah diabetes?

Serat pada jeruk membantu melepaskan gula secara perlahan sehingga kadar gula dalam darah stabil dan terkontrol. Serat membantu memperlambat pengosongan perut sehingga kenaikan gula darah tidak terlalu tajam. Jeruk juga memiliki kadar glikemik yang rendah, sehingga mampu mengelola gula darah, terutama setelah makan.

Terkenal dengan kandungan vitamin C yang banyak, jeruk membantu mencegah kenaikan gula darah terlalu tinggi. Antioksidan pada vitamin C juga membantu melawan stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif dipicu oleh gula darah yang tinggi dan menyebabkan kerusakan sel tubuh serta mudah terserang penyakit lainnya. 

Agar manfaat jeruk dapat diserap tubuh dengan baik, maka perlu cara konsumsi yang tepat. Jeruk sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah dan tidak diolah menjadi makanan/minuman lainnya. Jeruk yang diolah menjadi jus jeruk akan mengurangi banyak mineral di dalamnya. Nah, itulah manfaat jeruk selain untuk meningkatkan daya tubuh. Artikel tentang kesehatan tidak hanya ini loh! Simak website Gokomodo untuk membaca artikel seputar lifestyle.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin