Diterbitkan 30 Aug 2023

Daftar Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Lifestyle
Meningkatkan kualitas tidur

Tidur merupakan salah satu aktivitas penting yang secara tidak langsung berdampak pada kesehatan mental dan fisik manusia. Karena pentingnya, perlu untuk menjaga kualitas tidur. Baik buruknya kualitas tidur akan berpengaruh pada saat beraktivitas, mengganggu keseimbangan emosional, hingga masalah berat badan. 

Jadikan Makan Buah Sebagai Rutinitas Sebelum Tidur

Masih banyak ditemui orang-orang yang merasa tidurnya kurang berkualitas sehingga mengganggu aktivitas sehari-harinya. Apabila kamu termasuk orang yang sulit untuk mendapatkan tidur berkualitas, ada beberapa hal yang perlu kami lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur yang berkualitas, seperti:

  1. Kenyamanan dalam kamar

Kamar yang nyaman bisa membuatmu lebih santai saat tidur. Tentunya juga meningkatkan kualitas tidurmu. Jika dirasa sulit untuk membuat kamarmu nyaman, ada beberapa tips agar kamar menjadi nyaman, seperti:

  • Menggunakan kasur dan bantal yang berkualitas dan sesuai dengan postur tubuh, sehingga kamu tidak merasakan badan pegal saat bangun tidur.
  • Pilih seprai dan selimut dengan bahan yang nyaman dan menyerap keringat, seperti katun, microfiber, dan jenis katun lainnya.
  • Redupkan cahaya ketika tidur agar tidak merusak sistem sirkadian pada tubuh.
  • Usahakan suhu ruangan berada di 26-27 derajat celcius agar tidurmu nyenyak.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan essential oil untuk membantumu agar cepat tidur.
  1. Atur jadwal tidur

Jadwal tidur sangat diperlukan untuk memastikan kamu mendapatkan cukup waktu untuk tidur. Tubuh juga akan mudah terbiasa dengan waktu yang teratur. Jika mungkin, hindari tidur siang lebih dari 20 menit karena bisa merusak jam tidur malam.

  1. Ciptakan ‘ritual’ sebelum tidur

Beberapa orang harus melakukan ritual sebelum tidur agar mendapatkan tidur yang berkualitas. Biasanya hal yang bisa dijadikan ritual yaitu menghentikan penggunaan gadget 30 menit sebelum tidur, mematikan lampu, dan mengisi perut kosong dengan memakan buah. Apakah boleh makan buah sebelum tidur?

Makan Buah Sebelum Tidur, Bolehkah?

Beberapa orang tidak bisa tidur dalam keadaan kosong dan makan terlalu berat sebelum tidur tidak dianjurkan. Menurut Sleep Foundation, makan berat atau nyemil sebelum tidur memicu obesitas, gangguan tidur, asam lambung meningkat, penyakit yang berkaitan dengan sistem metabolisme, hingga kurangnya produktivitas di pagi hari.

Makan berat dan nyemil sebelum tidur dapat diganti dengan buah. Tentunya hal ini berdasarkan rekomendasi publikasi National Library of Medicine yaitu mengkonsumsi karbohidrat atau protein rendah kalori 30 menit sebelum tidur dapat membantu meningkatkan produktivitas di pagi hari. Makanan yang disarankan sebelum tidur ada banyak, salah satunya buah-buahan.

Buah yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

  1. Pisang

Satu buah pisang mengandung 35 gram magnesium dan 420 miligram kalium. Kalium membantu meningkatkan kualitas tidur pada perempuan. Menurut Sleep Foundation mengkonsumsi pisang bersamaan dengan almond akan meningkatkan jumlah magnesium hingga 100 miligram. Magnesium dalam tubuh digunakan untuk pembentukan dan menjaga kepadatan tulang.

sumber: https://jovee.id/
  1. Ceri asam

Ceri asam mengandung melatonin dan zat lain yang membantu tidur lebih berkualitas. Selain kualitas tidur meningkat, kandungan melatonin tersebut membantu mengurangi gejala insomnia. 

  1. Bluberi

Bluberi bisa disimpan di dalam kulkas dalam keadaan beku – Tips Food Preparation dan Menyimpan Buah dalam Kulkas. Bluberi yang dimakan sebelum tidur membantu memenuhi kadar gula dalam tubuh. Selain itu kandungan antioksidannya baik untuk kesehatan otak dan jantung.

  1. Kiwi

Sebuah penelitian dari Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition mengemukakan bahwa mengkonsumsi buah kiwi sebelum tidur mampu meningkatkan kualitas tidur. Efek yang langsung dirasakan setelah mengkonsumsi kiwi yaitu tidur lebih cepat dan lebih lama.

sumber: https://www.fimela.com/
  1. Pepaya

Pepaya dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi sembelit. Ternyata pepaya juga mengandung vitamin C yang memilki peran ganda yaitu sebagai pembakar lemak serta meningkatkan produksi serotonin pada tubuh. Zat serotonin inilah yang membantu mengurangi insomnia sehingga  tidur menjadi lebih berkualitas.

Catatan Mengkonsumsi Buah Sebelum Tidur

Makan buah ternyata terbukti boleh dikonsumsi sebelum tidur dan menambah kualitas tidur. Meskipun sudah boleh dikonsumsi sebelum tidur, hendaknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Beri jeda 3-4 jam makan buah sebelum tidur, sehingga kamu tidak tidur dalam keadaan lambung yang penuh. Lambung yang penuh bisa mengganggu sistem pencernaan bahkan menjadikan tidurmu tidak berkualitas.
  • Menurut jurnal BMC Public Health tahun 2014, orang yang mengkonsumsi banyak buah dan sayur sepanjang hari cenderung tidak mengalami kenaikan berat badan. Meskipun demikian, usahakan memakan buah secukupnya, sehingga mencegah kelebihan kalori dan  kenaikan gula darah secara drastis. 
  • Konsumsi hanya buah segar atau buah yang dibekukan yang sudah jelas nutrisinya terjaga.

Itulah tips agar tetap kenyang sebelum tidur dengan mengkonsumsi buah-buahan. Nah, jangan lupa simak tips tentang gaya hidup sehat di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.