Diterbitkan 14 Sep 2023

Daftar Provinsi dengan Perkebunan Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

News
perkebunan kelapa sawit terbesar

Sebagai negara produsen kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia memiliki 26 provinsi yang membudidayakan tanaman ini. Diantara provinsi-provinsi tersebut, setidaknya ada 7 provinsi yang memiliki perkebunan kelapa sawit yang luas, sehingga sering disebut sebagai daerah perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia. 

7 Provinsi dengan Perkebunan Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia 

Berikut adalah daftar provinsi di Indonesia yang memiliki perkebunan kelapa sawit terbesar. Simak dengan baik, ya!

1. Riau

Riau merupakan provinsi yang berada di pesisir timur Sumatera. Daerah ini dikenal sebagai jantung dari industri kelapa sawit di Indonesia karena memiliki luas lahan kelapa sawit mencapai 2.741.621 hektare di tahun 2021. 

Tak hanya lahan yang luas, Riau juga menjadi nomor satu dalam produksi kelapa sawit di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kelapa sawit di Riau pada tahun 2021 telah mencapai sekitar 3.853.271 ton. 

Adapun daerah-daerah yang berkontribusi terhadap kemajuan industri sawit di Riau adalah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Rokan Hilir.

2. Kalimantan Barat

Provinsi dengan perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia yang kedua adalah Kalimantan Barat. Provinsi ini memiliki luas perkebunan mencapai 2.017.456 hektare, sehingga turut mendukung produksi minyak sawit di seluruh Indonesia.

Setidaknya ada 5 daerah di Kalimantan Barat yang memiliki perkebunan kelapa sawit terbesar. Daerah tersebut antara lain kabupaten Kabupaten Sanggau, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, dan Kabupaten Landak.

3. Kalimantan Tengah

Masih berada di Pulau Kalimantan, Provinsi Kalimantan Tengah juga tidak mau kalah untuk menjadi daerah pemilik perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia. Menurut data statistik, Provinsi ini pada tahun 2018 telah memiliki sekurang-kurangnya 1.922.083 hektar perkebunan sawit.

Dari jumlah tersebut, ada sekitar 1.520.937 hektar area yang dikhususkan untuk perkebunan kelapa sawit. Lahan-lahan tersebut dikelola oleh perkebunan besar sektor swasta sebesar 1.354.011 hektar, dan dikelola sebagai perkebunan sawit rakyat sebesar 166.926 hektar.

4. Sumatera Utara

Di posisi keempat ada Provinsi Sumatera Utara. Daerah ini memiliki areal lahan kelapa sawit seluas 1.373.273 hektare dan pernah mencatatkan produksi tandan buah segar pada tahun 2020 hingga angka 22.254.429,26 ton. 

Salah satu daerah yang menunjukkan komitmennya untuk mendukung industri kelapa sawit di Sumatera Utara adalah Kabupaten Batu Bara. Dengan dukungan dari pemerintah setempat, industri kelapa sawit di wilayah ini akan semakin maju ke depan.

5. Kalimantan Timur

Kembali ke Pulau Kalimantan, urutan kelima diduduki oleh Provinsi Kalimantan Timur. Provinsi ini memiliki luas perkebunan mencapai 1.254.224 hektare yang terus didorong untuk meningkatkan produksi Crude Palm Oil (CPO).

Dalam mendukung Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), Kalimantan Timur akan menyumbangkan kontribusi yang besar karena memiliki sumber daya alam yang mumpuni.

6. Sumatera Selatan

Berikutnya ada Provinsi Sumatera Selatan yang menduduki posisi keenam daerah pemilik perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia. Provinsi ini memiliki luas lahan 1.191.401 hektare dengan 17 kabupaten dan kota yang semuanya berkontribusi sebagai penghasil sawit.

Adapun lima kabupaten yang menjadi produsen utama, yaitu Kabupaten Banyuasin (569, 345,00 ton), Kabupaten Musi Rawas (427, 076,00 ton), Kabupaten Ogan Komering Ilir (370, 215,00 ton), Kabupaten Musi Rawas Utara (304, 992,00 ton), dan Kabupaten Muara Enim (222,405,00 ton).

7.  Jambi

Provinsi Jambi menjadi urutan ketujuh dengan luas total perkebunan mencapai 1.034.804 hektare. Menurut laporan dari Universitas Jambi, provinsi ini telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi setidaknya 638.000 petani dengan memberikan dana senilai triliunan Rupiah melalui ekspor CPO dan produk turunannya.

Industri kelapa sawit di provinsi ini juga telah berhasil menekan angka pengangguran. Bahkan, industri sawit juga telah menyumbang setidaknya 29,8% dari PDB sehingga sangat berkontribusi pada pembangunan provinsi.

Nah, itulah 7 provinsi yang memiliki perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia. Ketahui juga 5 Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit yang Paling Terkenal di Indonesia hanya di website Gokomodo. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.