Diterbitkan 3 Jun 2024

Dari Semua Jenis Beras yang Ada, Kamu Pilih yang Mana, nih?

Infografik
Jenis Beras

Beruntung sekali tinggal di Indonesia yang memiliki biodiversitast tanaman panga  yang banyak. Di Indonesia, ada banyak sekali tanaman yang bisa dijadikan sebagai sumber pangan, salah satunya beras. Beras yang dhasilkan oleh petani Indonesia cukup beragam, mulai dari beras coklat, beras hitam, beras putih, dan lain-lainnya. Kira-kira ada jenis beras apa ya di Indonesia? Apakah beras lain juga sama bergizinya dengan beras yang biasa kita konsumsi sehari-hari? Coba deh temukan jawabannya di sini!

Beras Coklat

Beras coklat merupakan salah satu jenis beras yang diproduksi di Indonesia. Meskipun demikian, konsumsi beras coklat terbilang masih sedikit. Padahal, dengan mengkonsumsi beras coklat, ada manfaat yang dapat diberikan pada tubuh seperti:

  • Mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan penyakit kronis lainnya. 
  • Memberikan rasa kenyang lebih lama karena mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan seratnya mencapai 3x lebih banyak dibandingkan beras putih. 
  • Kadar protein lebih tinggi dibandingkan beras putih. 
  • Membantu mengatur level gula darah dan insulin dikarenakan beras coklat tidak mengandung banyak gula. 

Beras Hitam

Sumber: Real Simple

Siapa yang sekarang masih makan beras hitam? Bagi yang belum pernah tahu beras hitam, warnanya hitamnya mirip dengan beras ketan hitam yang berwarna hitam pekat dan akan berubah warna menjadi keunguan saat selesai dimasak. Jenis beras hitam yang sekarang ini beredar di Indonesia yaitu beras hitam Indonesia dan beras hitam Melati Thailand. Walaupun jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, beras hitam menyuguhkan manfaat seperti:

  • Melindungi tubuh dari radikal bebas karena mengandung antioksidan yang tinggi. Jika tubuh terpapar radikal bebas, akan menyebabkan stres oksidatif yang berujung pada penyakit kronis.
  • Mengurangi resiko terkena kanker karena kandungan antosianin. Antosianin memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Selain itu, antosianin telah terbukti memiliki sifat anti-kanker.

Beras Merah

Sumber: Honest to Goodness

Beras merah menjadi salah satu alternatif bahakn makanan pokok selain beras putih. Beras merah juga banyak dijumpai, terlebih pada restoran khusus diet. Selain menurunkan berat badan, beras merah juga memiliki manfaat berupa:

  • Mengurangi peradangan karena mengandung flavonoid, seperti antosianin, apigenin, myricetin, dan quercetin. 
  • Menurunkan resiko diabetes karena nasi merah memiiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan beras putih. Alasan inilah mengapa beras merah cocok digunakan untk orang-orang yang memperbaiki dietnya. 

Beras Putih

jenis beras putih merupakan jenis beras yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Beras putih mejadi pulen jika dimasak. Sayangnya jenis beras ini termasuk yang rendah nilai gizinya dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Meskipun gizinya terbilang renda, tetap ada kok manfaat yang diberikan untuk tubuh, seperti:

  • Karbohidratnya yang tinggi menjadi sumber utama energi bagi manusia. 
  • Mengandung mikronutrien seperti protein, serat, vitamin, dan mineral yang tentunya baik untuk tubuh. 

Beras Liar

Ada yang belum tahu tentang beras liar? Beras liar termasuk jenis gandum utuh yang mengandung lebih banyak serat dan protein hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan beras putih. Meskipun namanya beras liar, ternyata juga memiliki manfaat bagi manusia, seperti:

  • Mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol. Kedua penyakit tersebut merupakan penyebab terbesar terjadinya panyakit kardiovaskular.
  • Mengandung banyak antioksidan sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Beras Basmati

Sumber: KBK News

Di Indonesia, beras basmati banyak digunakan untuk masakan khas Timur Tengah. Sayangnya, beras ini harus diimpor dari luar negeri karena Indonesia tidak memproduksi jenis beras Basmati. Beras Basmati terkenal karena memiliki aroma yang hampir sama dengan popcorn matang dan memiliki kadar arsenik yang lebih renda. Ternyata, beras basmati juga memiliki beberapa manfaat seperti:

  • Beras basmati yang kaya akan serat membantu mencegah masalah pencernaan, seperti sembelit dan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.
  • Meningkatkan kesehatan otak dengan vitamin Bq, selenium, dan folat. Kesehatan otak yang meningkat dapat menurunkan kemungkinan terjadinya depresi pada manusia. 

Jadi pengen konsumsi beras lain, kan? Pilihlah jenis beras  yang kandungannya sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah kekurangan gizi. Temukan berbagai macam edukasi tentang pertanian, seperti Tahukah Kamu Ada Banyak Jenis Padi yang Dibudidayakan di Indonesia? dan artikel lainnya yang dapat kamu akses di blog Gokomodo. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.